ADVERTISEMENT

4 Aksi Bengis Penculik Anak yang Mengaku Eks Napi Teroris

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 13 Mei 2022 08:06 WIB
Abbi Rizal Afif (28), pelaku penculikan anak di Bogor dan Jaksel ditangkap polisi
Abi Rizal Afif (28), pelaku penculikan anak di Bogor dan Jaksel ditangkap polisi (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Polisi mengungkap kasus penculikan bocah asal Bogor, F (11) dan bocah asal Jakarta Selatan, K (12) yang terjadi dalam kurun waktu berdekatan. Polisi menangkap tersangka, Abi Rizal Afif atau Rizal Afif (28) yang mengaku sebagai mantan narapidana kasus terorisme.

Bersamaan ditangkapnya Rizal Afif ini, polisi juga menyelamatkan 10 bocah. Kesepuluh anak ini berasal dari Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Selatan.

Kasus ini bermula ketika polisi menyelidiki hilangnya bocah F pada Minggu (8/5) lalu. Belakangan, F ditemukan warga di Fatmawati, Jakarta Selatan, pada Selasa (10/5).

DI hari yang bersamaan ketika F ditemukan, bocah K (12) juga dinyatakan hilang diduga diculik di Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Dari hasil penyelidikan diketahui ternyata bocah F dan K diculik oleh orang yang sama yakni Rizal Afif.



Polisi kemudian menangkap Rizal Afif di Senayan, Jakarta Pusat, pada Kamis (12/5). Saat ditangkap Rizal Afif melawan sehingga polisi menembaknya di bagian kaki.

Rizal Afif kemudian dibawa ke Polres Bogor. Dalam pemeriksaan polisi dia mengaku sebagai mantan narapida kasus terosime (napiter).

"Terhadap yang bersangkutan kami masih lakukan pendalaman. Karena berdasarkan pengakuan tersangka, tersangka sudah 3 kali menjalani hukuman pidana. Dua kali (di antaranya) menjalani pidana kasus terorisme," kata Kapolres Bogor AKBP Imam Imanuddin dalam jumpa pers di Mapolres Bogor, Jl Tegar Beriman, Kabupaten Bogor, Kamis (12/5/2022).

Selain 2 kasus pidana terorisme, tersangka Abi Rizal Afif pernah terlibat kasus pidana penipuan di Depok, Jawa Barat. Imam menyebutkan tersangka Abi Rizal Afif juga mengaku pernah mengikuti pelatihan di Poso selama 7 bulan.

Berikut aksi bengis penculik 12 anak yang kami rangkum sebagai berikut:

1) Modus Mengaku sebagai Polisi

Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Siswo Tarigan mengatakan tersangka menculik bocah F dan K dengan mengaku-aku sebagai polisi. Pelaku membawa korban pura-pura menegur karena tidak pakai masker.

"Pelaku ini menegur karena (korban) mereka melanggar prokes karena tidak memakai masker. Pelaku ini mengaku sebagai aparat kepolisian," ujar SIswo di Polres Bogor, Kamis (12/5).

Rizal Afif lalu membawa korban berputar-putar keliling kota. Sejauh ini Polres Bogor masih mendalami motif penculikan yang dilakukan Rizal ini.

Lihat juga video 'Pengakuan 4 Siswa SD di Pinrang Nyaris Jadi Korban Penculikan':

[Gambas:Video 20detik]

Baca di halaman selanjutnya: tersangka membawa korban berputar-putar.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT