Akhir Jejak Pria Misterius Penculik Anak di Seputaran Jakarta

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 12 Mei 2022 21:37 WIB
Stop Child Violence and Trafficking. Stop Violence Against Children, child bondage in angle image blur , Human Rights Day concept.
Ilustrasi Penculikan (Getty Images/iStockphoto/Tinnakorn Jorruang)
Jakarta -

Penculikan dua bocah, yakni F (11) asal Bogor, Jawa Barat, dan K (12) asal Jakarta Selatan, akhirnya terungkap. Polisi berhasil menangkap pelaku, Abi Rizal Afif (28) di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (14/5) sore tadi.

Sebelumnya, bocah F diculik pelaku di Bogor, Jawa Barat pada Minggu (8/5). Sedangkan bocah K diculik saat bermain di gusuran di Tanah Kusir, Jaksel, pada Selasa (10/5).

Belakangan terungkap, penculik F dan K adalah orang yang sama yakni Rizal Afif. Pelarian Rizal Afif pun berakhir pada Kamis (12/5) sore tadi setelah polisi menangkapnya di Senayan.

Kasus ini terungkap berkat kerja sama tim dari Satreskrim Polres Bogor, Satreskrim Polres Jakarta Selatan, dan dibantu Brimob Kedunghalang, Bogor. Tersangka Abi Rizal Afif ditembak di bagian kaki karena melawan saat ditangkap.

Tersangka Awalnya Culik Bocah F di Bogor

Kasus berawal ketika pelaku menculik bocah F yang sedang berolahraga di kawasan Kemang, Bogor, pada Minggu (8/5). Pelaku saat itu mengaku sebagai polisi dan membawa korban dengan dalih tidak memakai masker.

"Sekitar jam 8 ada seorang laki-laki, menegur mereka karena tidak memakai masker, melanggar prokes gitu lah. Jadi saat itu anak saya kan datang 4 orang, kemudian kenalan sama 2 anak di situ, jadi di situ ada 7 orang, anak-anak juga," ujar ayahanda F yang berinisial R, saat dihubungi, Selasa (10/5).

Tersangka Bawa F ke Jakarta, Lalu Culik Bocah K

Hasil penyelidikan terungkap, bocah F sempat dibawa pelaku ke Tanah Kusir. Di sana, tersangka dan F bertemu dengan bocah K (12) dan dua temannya.

Bocah F, bocah K, plus dua temannya lalu dibawa pelaku berboncengan motor dengan dalih akan dibawa ke kantor polisi karena tak memakai masker.

Keempat bocah itu lalu dibawa berkeliling. Saat tiba di Fatmawati, Jaksel, tersangka menurunkan bocah F dan 2 teman K, sedangkan bocah K dibawa pergi oleh tersangka.

"Jadi satu motor empat orang yang naik kendaraan dibawa berputar. Tapi karena mungkin terlalu berat bebannya dan terlalu mencolok, akhirnya yang dua diturunkan dan satu atas nama K dibawa muter," jelas Budhi.

Bocah F Ditemukan di Fatmawati

Dua hari kemudian, tepatnya Selasa (10/5) sore, F ditemukan warga di Fatmawati, Jakarta Selatan. Ditemukannya F ini memberikan titik terang hilangnya bocah K (12) yang diculik di Tanah Kusir, Jaksel.

"Sudah ditemukan anaknya (F). Kondisinya selamat. (Ditemukan) di Jakarta, lagi dijemput sama anggota, mau langsung dibawa ke unit PPA Polres Bogor," kata Kapolsek Kemang Kompol Ari Trisnawati saat dimintai konfirmasi pada Selasa (10/5) malam.

Baca di halaman selanjutnya: tersangka membawa bocah K keliling Jakarta hingga Cianjur.

Simak juga 'Kasus Hepatitis Akut Level Global Tercatat Ada 348 dari 5 Benua':

[Gambas:Video 20detik]