Apakah Korban Afiliator Indra Kenz Bisa Menuntut Pengembalian Uang?

ADVERTISEMENT

detik's Advocate

Apakah Korban Afiliator Indra Kenz Bisa Menuntut Pengembalian Uang?

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 15 Mar 2022 07:45 WIB
Advokat Handika Febrian, S.H
Handika Febrian (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Sepak terjang Indra Kenz membuat geger dan berdampak sistemik. Statusnya sebagai terdakwa dan asetnya disita membuat afiliator ketar-ketir. Lalu apakah korban afiliator itu bisa menuntut pengembalian uang?

Hal itu menjadi pertanyaan detik's Advocate, Selasa (15/3/2022). Berikut inti pertanyaan hukumnya:

1. Apakah korban dari afiliator Indra Kenz dan Doni Salmanan bisa dikembalikan uangnya?
2. Bagaimana cara menuntut pengembalian dana tersebut?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, detik's Advocate mengupas tuntas dengan advokat Handika Febrian, S.H. Berikut jawaban lengkapnya:

Uang hasil kejahatan tersangka pencucian uang jika terbukti secara sah di pengadilan nanti dapat dikembalikan kepada korban yang berhak serta dapat diajukan gugatan berbarengan dari korban kepada tersangka untuk diputus secara bersama-sama dengan tindak pidana pokoknya untuk menghukum pelaku memberikan ganti rugi kepada korban atau putusan hakim yang amarnya mengembalikan dana kepada korban yang berhak.

Indra Kenz dan Doni Salmanan menjadi trending perbincangan publik akhir-akhir ini karena diduga melakukan tindak pidana pencucian uang serta pencemaran baik dalam perannya sebagai afiliator aplikasi Binomo dan Quotex yang dianggap ilegal. Secara detail Bareskrim Mabes Polri menetapkan status tersangka dalam dugaan tindak pidana penipuan, pencemaran nama baik, serta pencucian uang.

Menurut laporan yang diterima oleh polisi, total kerugian yang dilaporkan 14 orang korbannya mencapai Rp 25,62 M dan aset yang disita mencapai Rp 1,5 triliun. Selain itu, kasus ini menjadi viral karena ada ratusan ribu warga yang menjadi korban aplikasi yang dianggap ilegal tersebut.

Dalam konsep antipencucian uang penjelasan UU No 8 Tahun 2010 tentang TPPU menyatakan, pelaku dan hasil tindak pidana dapat diketahui melalui penelusuran untuk selanjutnya hasil tindak pidana tersebut dirampas untuk negara atau dikembalikan kepada yang berhak. Melihat dari peluang tersebut, masih dimungkinkan harta hasil tindak pidana pencucian uang dikembalikan kepada para korban. Sumbernya berasal dari harta yang telah disita oleh penyidik kepolisian yang dibawa oleh jaksa sebagai barang bukti di persidangan. Caranya dilakukan lelang untuk dikembalikan ke korban.

Simak Video 'Calon Mertua Indra Kenz Akan Diperiksa Polisi Besok':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT