ADVERTISEMENT

Terkuak Sisi Lain Uang Pengganti di Kasus Korupsi Angelina Sondakh

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 05 Mar 2022 07:22 WIB
Angelina Sondakh bebas dari penjara. Sehari setelah bebas, Angelina Sondakh langsung mendatangi Balai Pemasyarakaran (Bapas) untuk wajib lapor.
Angelina Sondakh (Andhika Prasetia/detikcom)

Kasasi

Nah, di tingkat kasasi, hukuman Angie dinaikkan tiga kali lipat, dari 5 tahun di tingkat banding menjadi 12 tahun penjara di tingkat kasasi. Majelis hakim saat itu diketuai Artidjo Alkostar

Artidjo saat itu memerintahkan Angie membayar uang pengganti Rp 12,5 miliar dan USD 2,5 juta subsider 5 tahun penjara. Jika dirupiahkan lagi, uang pengganti yang harus dikembalikan Angie senilai Rp 48 miliar di kasasi ini.

Tingkat Peninjauan Kembali (PK)

Angie pun mencoba peruntungan di PK. Di tingkat upaya hukum terakhir ini, hukuman Angie dikurangi dari 12 tahun menjadi 10 tahun penjara.

Kemudian uang pengganti yang semula sekitar Rp 48 miliar itu dikurangi menjadi Rp 2,5 miliar dan USD 1,2 juta jika dirupiahkan dan ditotal itu senilai Rp 19 miliar. Jika Angie tidak membayar Rp 19 miliar itu, maka akan dipidana penjara selama 1 tahun.

Dari penjelasan di atas diketahui seharusnya Angie membayar uang pengganti Rp 48 miliar tetapi dikorting di PK sekitar Rp 29 miliar sehingga menjadi sekitar Rp 19 miliar dengan menggunakan catatan kurs USD saat ini. Namun, dari penjelasan Ditjen Pas disebutkan Angie sudah melunasi pidana uang pengganti, yaitu Rp 8 miliar lebih secara tunai dan Rp 4,5 miliar dengan cara menjalani pidana bui 4 bulan dan 5 hari.


(zap/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT