ADVERTISEMENT

Angelina Sondakh Tak Boleh ke Luar Kota-Luar Negeri Tanpa Izin

Karin Nur Secha - detikNews
Jumat, 04 Mar 2022 12:39 WIB
Angelina Sondakh bebas dari penjara. Sehari setelah bebas, Angelina Sondakh langsung mendatangi Balai Pemasyarakaran (Bapas) untuk wajib lapor.
Angelina Sondakh (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Angelina Sondakh mendatangi kantor Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Jagakarsa, Jakarta Selatan, untuk lapor diri pertama kalinya saat menjalani cuti menjelang bebas. Angelina Sondakh dijadwalkan melakukan lapor diri lagi pada 18 Maret secara virtual.

"Dari kartu bimbingan penyuluhan sampai nanti Ibu hadir lagi pada 18 Maret dalam virtual," ujar Khairudin, anggota tim kuasa hukum Angelina Sondakh, di kantor Bapas Jaksel, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jumat (4/3/2022).

Mekanisme lapor diri kini dapat dilaksanakan secara virtual di masa pandemi COVID-19 maupun secara tatap muka. Kini Angelina Sondakh tengah menjalani masa cuti menjelang bebas (CMB). Dia belum sepenuhnya bebas murni karena akan menjalani CMB selama tiga bulan ke depan terhitung sejak 3 Maret hingga 1 Juni 2022.

Meskipun telah bebas dari penjara, seluruh aktivitas Angelina Sondakh masih dalam pengawasan dan bimbingan Balai Pemasyarakatan Kelas I (Bapas) Jakarta Selatan. Dalam masa CMB, Angelina Sondakh tidak diperkenankan bepergian ke luar negeri maupun ke luar kota.

"Angelina Sondakh diwajibkan lapor diri dua minggu sekali ke Bapas Jaksel dan tidak diperkenankan ke luar kota ataupun ke luar negeri tanpa izin. Selama dalam pengawasan Bapas Jaksel, kami juga akan terus bekerja sama dengan pihak keluarga Angelina Sondakh sebagai penjamin maupun berkolaborasi dengan stakeholder lainnya agar proses integrasi ini berjalan lancar," ujar Kepala Bapas Jaksel Ricky Dwi Biantoro.

Dalam kesempatan yang sama, Angelina Sondakh berterima kasih kepada Bapas Jakarta Selatan, yang saat ini membimbingnya.

"Saya terima kasih kepada Pak Ricky, Bu Putu, dan Pak Fajar yang sudah membimbing saya dari linmas kemarin di lapas sampai akhirnya saya lapor ke sini. Terima kasih sudah menerima kartunya. Insyaallah saya tanggal 18 saya lapor kembali," ungkap Angelina.

Nantinya Angelina Sondakh diwajibkan mengisi kartu bimbingan secara lengkap. Kartu bimbingan tersebut digunakan untuk Angelina lapor diri serta kegiatan bimbingan yang diberikan oleh Bapas Jakarta Selatan.

Sebelumnya, Angelina Sondakh akan melakukan lapor diri untuk yang pertama kalinya setelah bebas dari penjara 10 tahun. Angelina Sondakh tak bicara banyak ketika ditanya oleh para awak media.

"Baik, alhamdulillah. Nanti ya," ujar Angelina di Kantor Bapas Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jumat (4/3/2022).

Simak juga video 'Permintaan Maaf Angelina Sondakh Usai Bebas dari Penjara':

[Gambas:Video 20detik]



(ain/yld)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT