detikcom Do Your Magic

PLN Masih Tunggu Izin Tangsel untuk Pindah Gardu Makan Jalan Ciputat Timur

Danu Damarjati - detikNews
Rabu, 16 Feb 2022 12:29 WIB
Tiang gardu listrik makan badan jalan di Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, 25 Oktober 2021. (Marteen Ronaldo P/detikcom)
Tiang gardu listrik makan badan jalan di Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, 25 Oktober 2021. (Marteen Ronaldo P/detikcom)
Jakarta -

Sejak Oktober tahun lalu, PLN membahas perencanaan pemindahan gardu makan badan jalan di Jl WR Supratman, Ciputat Timur ini. Namun hingga kini gardu itu belum dipindahkan dari badan jalan depan sekolahan. Apa kabar progres rencana pemindahan gardu listrik itu?

Gardu PLN bernomor TD 135 itu ada di badan jalan depan SDN Pondok Ranji 01, Jl WR Supratman, Tangerang Selatan. Pada 29 Oktober 2021, Manajer PLN Ciputat Heru Rianto menjelaskan ada kendala lahan untuk tempat baru gardu listrik itu.

Sebulan kemudian, PLN membuat surat permohonan izin pemanfaatan lahan atas aset yang dimiliki Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Tangsel, yakni lahan SDN Pondok Ranji 01. Jadi rencananya, gardu PLN itu akan dipindah dari badan jalan ke lahan SDN Pondok Ranji 01 di sebelahnya.

Penertiban kabel sudah dilakukan, termasuk menertibkan kabel optik semrawut dan menjuntai ke bawah pada saat itu, ternyata kabel itu milik anak perusahaan PLN, Icon+. Namun masalah besarnya adalah pemindahan gardu listrik belum menemui realisasi.

Masalah kabel melintang semrawut di depan SDN Pondok Ranji 01, Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangsel, kini sudah beres. (Marteen Rolando/detikcom)Masalah kabel melintang semrawut di depan SDN Pondok Ranji 01, Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangsel, kini sudah beres. (Marteen Rolando/detikcom)

Akhirnya, surat pemindahan gardu dari PLN Ciputat ke Disdikbud Tangsel dikirim pada 2 November 2021. Disdikbud Tangsel kemudian menyurati Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Tangsel.

Tiang gardu listrik makan badan jalan di Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, 25 Oktober 2021. (Marteen Ronaldo P/detikcom)Tiang gardu listrik makan badan jalan di Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangerang Selatan. (Marteen Ronaldo P/detikcom)

Berakhirnya 2021 diiringi dengan bergantinya Kepala Disdikbud Tangsel dari yang semula dijabat Taryono kemudian dijabat Deden Deni. Belum ada kabar dari Kadisdikbud Tangsel Deden Deni soal izin penggunaan lahan SDN Pondok Ranji 01 untuk gardu PLN. detikcom menghubungi Deden via telepon selular namun pesan detikcom belum berbalas.

Manajer PLN Ciputat Heru Rianto menjelaskan, saat ini pihaknya masih menunggu respons lanjutan dari Disdikbud Tangsel.

"Kalau kami masih menunggu izin lahan saja. Untuk pekerjaan pindah gardu tersebut, PLN siap memindahkannya," kata Heru Rianto kepada detikcom, Rabu (16/2/2022).

Saat ini, sejumlah awak personel PLN Ciputat baru saja tertular COVID-19. Heru Rianto sendiri baru sembuh dari COVID-19, namun masih ada yang belum sembuh. Banyak karyawan di PLN yang masih melaksanakan kerja dari rumah (work from home/WFH).

"Jadi masih banyak yang pada WFH," kata Heru. Segera setelah kondisi membaik, dia bakal menanyakan kembali ke Disdikbud Tangsel soal izin penggunaan lahan SDN Pondok Ranji 01 untuk tempat relokasi gardu listrik dari badan jalan.

(dnu/dnu)