detikcom Do Your Magic

detikcom Do Your Magic: Kabel Semrawut Depan SD Pondok Ranji Sudah Dibereskan

Marteen Ronaldo Pakpahan - detikNews
Selasa, 09 Nov 2021 16:11 WIB
Masalah kabel melintang semrawut di depan SDN Pondok Ranji 01, Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangsel, kini sudah beres. (Marteen Rolando/detikcom)
Masalah kabel melintang semrawut di depan SDN Pondok Ranji 01, Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangsel, kini sudah beres. (Marteen Rolando/detikcom)
Tangsel -

Sebelumnya, kabel dari tiang yang makan badan jalan di depan sekolahan ini menggelayut sampai aspal. Kini, masalah kabel menggelayut sudah beres.

Masalah kabel semrawut ini semula berada di depan SD Negeri Pondok Ranji 01, Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan.

Berdasarkan pantauan detikcom Do Your Magic di lokasi, Rabu (9/11/2021) kini area depan sekolah tersebut telah bersih dari kabel menggelantung dan membahayakn warga.

Masalah kabel melintang semrawut di depan SDN Pondok Ranji 01, Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangsel, kini sudah beres. (Marteen Rolando/detikcom)Masalah kabel melintang semrawut di depan SDN Pondok Ranji 01, Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangsel, kini sudah beres. (Marteen Rolando/detikcom)

Kendati sudah dirapihkan, gardu listrik yang menempel disebuah tiang dekat sekolah tersebut masih belum dibereskan oleh pihak terkait.

Situasi lalu lintas di Jl WR Supratman terpantau ramai lancar di siang hingga sore yang diwarnai hujan ini. Selain itu, di beberapa titik di Jalan WR Supratman terpantau jalanan padat.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tangsel, Taryono telah meminta kepada pihak PLN untuk segera membereskan persoalan kabel listrik yang semrawut ini.

"Banyak sekolah yang di pinggir jalan dan memang banyak utilitas kabel internet dan macam-macam. Saya berharap pemilik instrumen itu agar merapikan semua itu sehingga tidak mengganggu dan membahayakan," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tangsel, Taryono, kepada detikcom, Selasa (2/11) lalu.

Dihubungi terpisah, Manajer PLN Ciputat Heru Rianto menginstruksikan jajarannya untuk mengecek kondisi tersebut. Sejurus kemudian, didapat kepastian bahwa kabel yang menjuntai tak jauh dari tiang gardu listrik PLN itu adalah kabel optik, bukan kabel listrik.

detikcom pernah mengecek, kabel itu bertuliskan 'X-node Fiberhome 2019 Kabel Optik G.652D 48/8'. Ada pula kabel bertuliskan keterangan lain.

Kondisi depan SDN Pondok Ranji 01, Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangsel, 9 November 2021. (Marteen Ronaldo/detikcom)Kondisi depan SDN Pondok Ranji 01, Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangsel, 9 November 2021. (Marteen Ronaldo/detikcom)

PLN sempat membubuhkan tanda untuk menjelaskan bahwa kabel ini bukan milik perusahaannya. Namun setelah dicek lagi, ternyata ada kabel bertuliskan Icon+ PLN, anak perusahaan PLN.

Namun kini, masalah kabel semrawut depan SDN Pondok Ranji 01 itu sudah beres. Tak ada lagi kabel yang malang melintang di jalan ini.

(dnu/dnu)