Mahfud Md soal Bentrok di Sorong dan Maluku: Tak Ada Unsur SARA

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Jumat, 28 Jan 2022 15:41 WIB
Meko Polhukam Mahfud Md
Foto: Iswadi/detikcom
Jakarta -

Menko polhukam Mahfud Md telah melakukan koordinasi dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan pihak terkait lainnya soal bentrokan yang terjadi di Sorong, Papua, dan Haruku, Maluku. Mahfud menyimpulkan tak terdapat unsur SARA pada dua kejadian itu.

"Nah, kami bicarakan ini semua tadi masalah yang kesimpulannya itu, alhamdulillah sekarang aman terkendali dan tidak ada satu pun yang bermotif SARA. Mohon jangan dikembang-kembangkan, tidak ada motif SARA," kata Mahfud dalam video yang diterima detikcom, Jumat (28/1/2022).

Mahfud lalu kembali menegaskan memang tidak terdapat unsur SARA. Dia mengatakan permasalahan di Haruku terjadi lantaran sengketa tanah. Sementara bentrokan di Sorong terjadi karena diawali pertikaian.

"Di Papua Barat itu adalah kasus tempat hiburan, orang konflik. Mencari hiburan di sana, lalu ada perkelahian, lalu dibakar tempat hiburan, lalu 17 orang meninggal. Lalu di Haruku itu konflik tanah antarpenduduk desa yang merasa saling klaim, mungkin karena sukunya berbeda, itu konflik, jadi bukan SARA," ujar Mahfud.

Selanjutnya, Mahfud juga angkat bicara soal kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang menewaskan tiga prajurit TNI. Mahfud menyebut hal itu terjadi karena TNI masih dalam tahap awal pendekatan yang baru.

"Kemudian, di Papua, memang ada penembakan. Beberapa waktu terakhir ini memang ada beberapa warga TNI meninggal, tetapi memang itu merupakan ya perubahan situasi baru di dalam pendekatan baru," katanya.

Simak juga video 'Polisi Tetapkan 2 Tersangka Bentrokan Maut di Sorong Papua Barat':

[Gambas:Video 20detik]



Simak di halaman selanjutnya.