Terbuka Jalan Bagi Capres Gagal di 2024 Bila Banting Setir ke Pilkada

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 27 Jan 2022 07:37 WIB
ilustrasi pilkada serentak 2015
Foto: Ilustrasi Pilkada 2024 (dok. detikcom)
Jakarta -

Pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres dan cawapres) Pemilu 2024 tak perlu berkecil hati jika nantinya kalah dalam pertarungan. Sebab, jalan mereka untuk bertaruh di Pilkada 2024 tetap terbuka tanpa halangan.

DPR RI dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah memberikan jaminan. Pasalnya, baik DPR dan KPU, juga tidak mempunyai untuk melarang.

"Tak ada aturan yang melarang bekas capres/cawapres yang gagal terpilih pada pilpres, untuk maju dalam pencalonan kepala daerah," kata Wakil Ketua Komisi II DPR Luqman Hakim kepada wartawan, Selasa (25/1/2022).

Karena memang, siapapun, selama dia warga negara Indonesia (WNI), memiliki hak untuk mencalonkan diri di Pilkada 2024 mendatang. Mereka yang berminat pun tak harus mendapatkan dukungan partai politik.

"Jadi, boleh saja bekas capres/cawapres mencalonkan diri dalam Pilkada. Apakah akan menempuh jalur independen atau melalui partai politik, itu terserah yang bersangkutan," ucap Luqman Hakim.

Tak hanya Luqman Hakim. Wakil Ketua Komisi II DPR lainnya, Saan Mustopa juga menyampaikan hal serupa. Selain dari segi aturan, jika dilihat berdasarkan usulan jadwal dari KPU, capres atau cawapres yang kalah juga masih bisa mendaftar sebagai calon kepala daerah.

"Bisa saja (bekas capres/cawapres maju Pilkada 2024)," jelas Saan.

"Sempat, nanti tahapan pilkada dilihat," kata politisi Partai NasDem itu.

KPU pun menyampaikan demikian. Simak di halaman berikutnya.

Simak juga Video: PPK Kosgoro: Capres dari Golkar ialah Airlangga, Itu Final

[Gambas:Video 20detik]