Anak Buah Paloh Bicara Alasan Anies Dikawal Petinggi NasDem Sulsel

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Selasa, 25 Jan 2022 17:08 WIB
Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali.
Ahmad Ali (dok: www.nasdem.id)
Jakarta -

Wakil Ketua Umum (Waketum) NasDem Ahmad Ali angkat bicara terkait Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang didampingi oleh sejumlah petinggi DPD NasDem Sulawesi Selatan (Sulsel) saat berkunjung ke Makassar. Ahmad Ali menyebut Sekjen DPD NasDem Sulsel Syaharuddin Alrif memang memiliki hubungan baik dengan Anies.

"Saya kan sudah cek, jadi ketika Anies di Makassar itu dalam rangka menghadiri pesta perkawinan oleh kerabatnya, kemudian Pak Anies, jadi tokoh-tokoh masyarakat Sulawesi Selatan itu, Syahar (Syaharuddin Alrif) itu kebetulan secara personal dengan Pak Anies cukup dekat sebagai sesama aktivis, kemudian memfasilitasi untuk ketemu," kata Ahmad Ali saat dihubungi, Selasa (25/1/2022).

"Ya jadi itu lebih hubungan personal saja," katanya.

Menurutnya, momen Anies dengan petinggi NasDem terlepas dari arahan DPP NasDem. Sebab, kata dia, NasDem belum menentukan kebijakan politik terkait kontestasi Pemilu 2024.

"Kita secara politik kan gini, kita belum ada keputusan politik apa-apa. Jadi kita sampai hari ini, Ketua Umum masih melihat-lihat, siapa nih yang kemudian pas jadi pemimpin bangsa ini. Jadi itu inisiatif masyarakat kemudian difasilitasi oleh salah satu kader yang ada di sana, tetapi secara politik tidak ada kebijakan partai secara khusus," jelas Ahmad.

Meski begitu, Ahmad mengatakan pihaknya tak menutup kemungkinan bahwa Anies dilirik oleh NasDem pada 2024. Pasalnya, kata dia, Anies menjadi salah satu nama yang kerap muncul dalam deretan survei capres.

"Kita tidak bisa menutup mata bahwa Anies jadi salah satu tokoh yang kemudian terjaring dalam survei. Nah, tentunya semua partai pasti akan melihat potensi-potensi itu karena menghitung potensi kemenangannya, menghitung potensi elektoral partainya, kepentingan partainya," kata Ahmad.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan didampingi sejumlah petinggi DPD Partai NasDem Sulawesi Selatan (Sulsel) saat menghadiri acara 'Masyarakat Sulawesi Selatan Menyambut Anies Baswedan' di Makassar.

Acara Anies dialog dengan warga Sulsel itu berlangsung di salah satu hotel di Kota Makassar, Sabtu (22/1/2022) sejak pukul 12.00 Wita hingga pukul 14.30 Wita.

Dalam pantauan detikcom, petinggi NasDem Sulsel yang hadir ialah Sekretaris DPW NasDem Sulsel yang juga Wakil ketua DPRD Sulsel Syaharuddin Alrif, Wakil Ketua DPW NasDem Sulsel yang Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo, dan Ketua DPD NasDem Makassar yang juga Ketua Komisi B DPRD Sulsel A Rachmatika Dewi alias Cicu.

Ada juga Wakil Ketua DPW NasDem Sulsel Andi Irwan Jabir alias Dino, Ketua Garda Pemuda NasDem Sulsel, A Troy Martino, Wakil Ketua DPW NasDem Sulsel Mustaqim Musma, hingga Ketua DPD NasDem Soppeng Andi Zulkarnain Bogel.

Bahkan Ketua DPD NasDem Bulukumba Arum Spink menjadi moderator acara dalam diskusi dengan Anies tersebut.

Lihat juga video 'Menakar Langkah Anies Baswedan di Pilpres 2024':

[Gambas:Video 20detik]



Baca di halaman selanjutnya.