Revitalisasi Bandara Halim Dilakukan, Berikut 5 Kabar Terbarunya

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 26 Jan 2022 15:26 WIB
Revitalisasi bandara Halim Pedanakusuma, Jakarta Timur dilakukan selama kurang lebih 3,5 bulan. Akibatnya, untuk sementara waktu penerbangan kini dihentikan.
Revitalisasi Bandara Halim Dilakukan, Berikut 5 Kabar Terbarunya (Foto: Wildan/detikcom)
Jakarta -

Revitalisasi bandara Halim Pedanakusuma, Jakarta Timur dilakukan selama kurang lebih 3,5 bulan. Akibatnya, untuk sementara waktu penerbangan kini dihentikan.

Revitalisasi bandara Halim dilakukan berdasarkan perintah Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Hal itu lantaran runway di bandara Halim dalam kondisi memprihatinkan, sehingga perlu diperbaiki. Di sisi lain, revitalisasi bandara berfungsi untuk memperbaiki fasilitas pangkalan yang diharapkan bisa meningkatkan kenyamanan penumpang.

Revitalisasi bandara Halim mulai dilakukan pada bulan ini. Untuk mengetahui kondisi dan kabar terbarunya, simak ulasan yang sudah detikcom rangkum.

Revitalisasi Bandara Halim: Sudah Tak Melayani Penumpang

Imbas revitalisasi, untuk sementara waktu bandara Halim Perdanakusuma tidak melayani penumpang. Selama 3,5 bulan, bandara bakal ditutup dan rute penerbangan dialihkan.

Executive General Manager (EGM) Bandara Halim Perdanakusuma Kolonel Pnb TNI Nandan Sukarna menyebutkan, mulai hari ini bandara sudah tak lagi melayani penerbangan. Karena revitalisasi bandara Halim pula, mulai hari ini tidak ada penerbangan yang berangkat atau menuju bandara tersebut.

"Saat close sudah tidak ada pesawat lagi yang berangkat ataupun menuju ke Bandara Halim Perdanakusuma," kata Nandang saat ditemui di Bandara Halim Perdanakusuma, Rabu (26/1/2022).

"Sejak tanggal 26 Januari 2022 ini, pukul 00.01 dan sampai tadi malam kami menunggu sampai flight perpindahan terakhir, yaitu pesawat yang ke-67 khusus untuk private jet itu, kami tunggu sampai penerbangan terakhir," sambungnya.

Revitalisasi Bandara Halim: Alat Berat Sudah Mulai Dikirimkan

Nandang menambahkan, saat ini revitalisasi bandara Halim sudah mulai dilakukan. Beberapa alat berat sudah masuk ke area bandara.

Bahkan, pekan lalu sebelum revitalisais bandara Halim dilakukan, pihaknya sudah mengadakan uji-uji di area. Alat berat pun sudah masuk ke bandara sejak tanggal 18 Januari 2022 lalu.

"Hari ini atau seminggu yang lalu sudah mengadakan uji-uji di area. Alat berat sejak tanggal 18 Januari sudah masuk dan sudah ditempatkan," ujar Nandang.

Revitalisasi Bandara Halim: Proses Pengeboran Dilakukan Besok

Untuk memulai revitalisasi bandara Halim, rencananya Kamis (27/1/2022) besok pengeboran akan dilakukan di area landas pacu. Pengeboran itu dilakukan langsung oleh pihak vendor.

"Besok sudah ada pengeboran di area landas pacu dari pihak vendornya, demikian," jelas Nandang.

Dia menyinggung, revitalisasi bandara Halim dilakukan untuk memperbaiki sarana dan prasarana, baik fasilitas pangkalan maupun fasilitas umum yang ada di bandara. Di sisi lain, hal ini sekaligus meningkatkan jaminan keselamatan, keamanan dan kenyamanan penumpang.

Revitalisasi Bandara Halim: Bisa Layani Pesawat Wide Body

Jika revitalisasi bandara Halim selesai dilakukan, nantinya bandara bisa menampung pesawat wide body. Dengan demikian, Halim Perdanakusuma bisa menampung beragam jenis yang mendarat.

"Kita bisa menerima pesawat-pesawat sekelas wide body. Jadi dari neuro body, kita tingkatkan dengan kekerasan landasannya itu, bisa melayani wide body," kata Nandang.

Salah satu revitalisasi bandara Halim adalah dilakukannya pavement classification number (PCN). Ini merupakan nilai permukaan landasan atau apron dan taxiway.

Revitalisasi bandara Halim, kata Nandang, sekaligus memperbaiki sarana dan prasarana. Baik dari fasilitas pangkalan maupun fasilitas umum yang ada di bandara.

Informasi lain soal revitalisasi bandara Halim yakni masih ada penumpang yang kecele. Simak halaman berikutnya.