ADVERTISEMENT

Usai Revitalisasi, Bandara Halim Perdanakusuma Bisa Layani Pesawat Wide Body

Wildan Noviansah - detikNews
Rabu, 26 Jan 2022 11:10 WIB
Bandara Halim Perdanakusuma
Bandara Halim Perdanakusuma (Wildan/detikcom)
Jakarta -

Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, resmi ditutup sementara mulai hari ini dalam rangka revitalisasi. Executive General Manager (EGM) Bandara Halim Perdanakusuma Kolonel Pnb TNI Nandang Sukarna mengatakan nantinya bandara bisa menampung pesawat wide body.

"Kita bisa menerima pesawat-pesawat sekelas wide body. Jadi dari neuro body, kita tingkatkan dengan kekerasan landasannya itu, bisa melayani wide body," kata Nandang saat ditemui di Bandara Halim Perdanakusuma, Rabu (26/1/2022).

Salah satu revitalisasi yang dilakukan adalah pavement classification number (PCN), yang merupakan nilai permukaan landasan atau apron dan taxiway. Nandang menambahkan revitalisasi sekaligus memperbaiki sarana dan prasarana, baik fasilitas pangkalan maupun fasilitas umum yang ada di Bandara Halim Perdanakusuma.

"Sesuai dengan siaran pers dari Kemenhub dan TNI AU, revitalisasi ini untuk memperbaiki fasilitas pangkalan maupun bandara Halim Perdanakusuma. Tujuannya untuk meningkatkan jaminan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan," kata Nandang.

Sebagai informasi, Kementerian Perhubungan dan TNI Angkatan Udara menyebutkan proses revitalisasi akan dilakukan dalam waktu 3,5 bulan. Nandang mengatakan target tersebut bisa berubah sesuai kondisi di lapangan.

"Kalau memang itu ditentukan 3,5 bulan ya memang harus dilaksanakan 3,5 bulan. Itu prediksi, belum lagi nanti mungkin masalah cuaca dan lain sebagainya yang mungkin menjadi justifikasi untuk penyelesaian itu sendiri," kata Nandang.

Namun, setelah proses revitalisasi selesai, pihaknya akan melakukan beberapa uji coba, mulai landing, take off, hingga proses sertifikasi dan kalibrasi.

"Nanti, saat akan dioperasikan, ada proses sertifikasi, kemudian kalibrasi, uji fungsi dan tes flight, touch and go, landing, dan take off. Itu akan diuji dulu sebelum di-declare ini siap untuk dioperasionalkan kembali," tuturnya.

Simak Video 'Penampakan Sepinya Bandara Halim yang Ditutup untuk Revitalisasi':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT