ADVERTISEMENT

Ditutup Sementara, Begini Suasana Bandara Halim Perdanakusuma Pagi Ini

Wildan Noviansah - detikNews
Rabu, 26 Jan 2022 10:23 WIB
Jakarta -

Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, resmi ditutup sementara selama 3,5 bulan. Penutupan dilakukan mulai hari ini dalam rangka revitalisasi.

Pantauan detikcom di lokasi Rabu (26/1/2022) pukul 08.45 WIB, tampak lobi bandara sepi pengunjung. Di sana hanya terlihat beberapa petugas bandara dan maskapai.

Sejumlah petugas kebersihan tampak sedang membersihkan area lobi bandara, mulai lantai hingga kursi. Terlihat juga beberapa tempat makan di samping lobi bandara tutup, sebagian masih ada yang buka.

Suasana hari pertama Bandara Halim Perdanakusuma ditutup sementaraSuasana hari pertama Bandara Halim Perdanakusuma ditutup sementara (Wildan/detikcom)

Pintu kedatangan tertutup rapat. Sementara itu, di bagian luar, tepatnya di pintu masuk Bandara Halim Perdanakusuma, tidak tampak adanya antrean mobil.

Executive General Manager (EGM) Bandara Halim Perdanakusuma Kolonel Pnb TNI Nandang Sukarna mengatakan masih ada calon penumpang yang datang pagi tadi karena tidak tahu bandara ditutup sementara. Para calon penumpang itu kemudian didrop ke masing-masing maskapai.

"Ada, tadi pagi masih ada. Penumpang Batik Air, kemudian Citilink, ada dua orang kalau nggak salah. Mereka baru akan didrop di sini, kemudian mendapatkan penjelasan. Dari jam 04.00 WIB karena yang akan berangkat ke luar first flight di sini biasanya jam 04.30 WIB dan jam 04.00 WIB sudah datang," kata Nandang di lokasi.

Sebelumnya, juru bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan revitalisasi Bandara Halim dilakukan untuk memperbaiki fasilitas sisi darat maupun udara. Juga dalam rangka meningkatkan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan.

"Dengan dimulainya revitalisasi, Bandara Halim akan ditutup sementara mulai 26 Januari 2022. Waktu penutupan diperkirakan paling lama 3,5 bulan," kata Adita Irawati di Jakarta, Jumat (21/1).

Adapun pekerjaan yang akan dilakukan adalah pembangunan di sisi udara maupun sisi darat, yakni meliputi penyehatan landas pacu (runway) dan landas hubung (taxiway), dan peningkatan kapasitas landas parkir (apron) pesawat udara naratetama (VVIP) dan naratama (VIP).

Selain itu, dilakukan renovasi gedung naratetama dan naratama, renovasi bangunan operasi, perbaikan sistem drainase di dalam bandar udara dan penataan fasilitas lainnya.

Adita menjelaskan Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Udara telah meminta kepada operator bandara dan maskapai untuk menyiapkan langkah-langkah penanganan penumpang, mulai pembatalan penerbangan, refund tiket, hingga pengalihan rute penerbangan.

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat yang sudah membeli tiket pesawat dengan keberangkatan melalui Bandara Halim untuk menghubungi pihak maskapai agar dilakukan proses penanganan selanjutnya," pungkasnya.

(dek/dek)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT