Obituari Eks Hakim Agung Adi: Gaji Rp 412, 'Dipecat' karena Bongkar Kolusi MA

Andi Saputra - detikNews
Rabu, 12 Jan 2022 16:02 WIB
adi andojo
Adi Andojo saat diskusi di Jakarta (hasan/detikcom)
Jakarta -

Adi Andojo berpulang untuk selamanya dini hari tadi. Kiprahnya di dunia peradilan mewarnai jagat hukum, dari membongkar kolusi di Mahkamah Agung (MA) hingga ketokan vonis yang sangat keras.

"Kami segenap pimpinan MA dan jajarannya menyatakan rasa duka atas 'berpulangnya' bapak senior kami, guru kami, dan mantan pimpinan kami karena beliau pernah menjabat sebagai Ketua Muda MA Bidang Pidana pada sekitar tahun 80-an," kata juru bicara MA Andi Samsan Nganro kepada wartawan, Rabu (12/1/2022).

Masa Kecil Adi Andojo

Saat Adi lahir pada 11 April 1932, ayahnya adalah wakil panitera di Landraad (pengadilan khusus untuk pribumi) Yogyakarta. Ayah Soetjipto adalah asisten Wedana di Baron.

Pada 1933, keluarga Soetjipto pindah ke Banyumas karena Soetjipto mendapat promosi menjadi Panitera Landraad Banyumas. Kala itu, Banyumas berstatus karesidenan dan membawahi empat kabupaten, yaitu Banyumas, Cilacap, Purbalingga, dan Banjarnegara.

Dengan jabatan itu, Soetjipto mendapat gaji yang cukup besar dari pemerintah Belanda. Hal itu terbukti ia bisa membeli sebuah mobil, barang supermewah kala itu. Adi kecil kerap diajak liburan di Pantai Widarapayung, Cilacap.

Setelah Proklamasi Kemerdekaan, Soetjipto menjadi hakim di Pengadilan Negeri (PN) Banyuwangi. Dari Banyuwangi, Soetjipto dipromosikan ke PN Kebumen. Tak berapa lama, Soetjipto kembali dipromosikan menjadi hakim di PN Tanjungkarang, Lampung, pada 1956.

Saat bertugas di Tanjungkarang itu, ibu Adi, Soetjiati, bercerita kepada Adi bahwa ayahnya sedang menangani perkara. Saat itu Adi sudah kuliah di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH UI).

"Pengacara yang mendampingi Terdakwa mendekati Soetjipto dan mau memberikan sebuah oplet. Namun tawaran itu ditolak mentah-mentah oleh Soetjipto," kutip detikcom dari buku biografi Adi Andojo "Menjadi Hakim yang Agung".

Simak juga Video: Pembuat Jadah Tempe Mbah Carik Kaliurang Meninggal Dunia

[Gambas:Video 20detik]