ADVERTISEMENT

Pengacara Ungkap Habib Bahar Tetap Ceramah, Bawa-bawa Cinta pada Dudung

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Minggu, 02 Jan 2022 07:39 WIB
Pengacara Habib Rizieq, Aziz Yanuar
Aziz Yanuar (Foto: Zunita Putri/detikcom)
Jakarta -

aDanrem 061 Surya Kencana Brigjen Achmad Fauzi mengatakan pihaknya tak segan membubarkan ceramah Habib Bahar bin Smith (HBS) jika bermuatan provokatif. Pengacara Habib Bahar, Aziz Yanuar mengatakan Habib Bahar akan tetap melakukan ceramah.

"Kalau atasannya provokatif soal agama gimana? Kalau agamanya dihina dan dilecehkan gimana? Biasa saja, (Habib Bahar) tetap konsisten mengatakan yang haqq dan mengingatkan yang batil," kata Aziz Yanuar kepada wartawan, Sabtu (1/1/2021).

Aziz mengatakan bahwa Habib Bahar sangat mencintai TNI. Dia mengatakan bahwa Habib Bahar sedih saat mendengar TNI menjadi korban Organisasi Papua Merdeka (OPM).

"Justru HBS sangat cinta dengan institusi TNI saya jamin itu. Makanya beliau sedih berat ketika banyak saudara TNI jadi korban teroris OPM. Sangat-sangat sedih," kata dia.

Aziz mengatakan bahwa kebijakan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman yang baik patut diapresiasi. Dia mengatakan Habib Bahar hanya mengkritisi dua hal.

"Beliau bahkan jelas mengatakan jika ada yang baik dari kebijakan Pak Dudung harus kita apresiasi dan puji. Yang HBS kritisi hanya dua. Satu tajsim terhadap sang khalik karena itu diduga bentuk penistaan agama dan kedua mengatakan teroris OPM saudara," sebutnya.

"Itu pun yang dikritisi statement-nya bukan pribadi apalagi institusi. HBS tidak ada urusan dengan pribadinya karena juga tidak kenal. Juga sangat cinta TNI dan NKRI. Coba sekarang sama Pak Panglima Andika. Apa ada umat Islam dan HBS bereaksi? Tidak ada. Bahkan mendukung TNI yang terus lebih baik," lanjutnya.

Aziz menambahkan bahwa Habib Bahar memang kritis. Dia menyebut Habib Bahar juga mendukung jika ada kebijakan yang bagus.

"Meski Bapaknya pasti akan dikritisi. Tapi jika bagus, siapapun akan didukung meski setan sekalipun. Cuma kan setan tidak ada yang baik karena pasti ajak ke neraka he-he-he," katanya.

Lebih lanjut, menurut Aziz, Habib Bahar mencintai Jenderal Dudung. Salah satu bentuk cinta itu, kata Aziz, adalah dengan mengkritik dan mengingatkan.

"Saya berpandangan justru HBS ini cinta betul dengan Pak Dudung karena dikritisi sebagai bentuk cintanya beliau. Orang cinta kan sering diingatkan," tegasnya.

Singgung Tupoksi TNI

Sementara itu, pengacara Habib Bahar lainnya, Ichwan Tuankotta mengatakan ancaman pembubaran jika ceramah Habib Bahar itu provokatif adalah bentuk penyalahgunaan kekuasaan. Dia menyebut yang mengurus masalah hukum adalah Polri.

"Kita sudah sampaikan juga, ya itulah bentuk abuse of power kan itu. Penyalahgunaan kekuasaan yang harusnya sebenarnya dalam hal ini pihak yang berkewajiban untuk berfungsinya penegakan hukum kan harusnya diserahkan kepada pihak kepolisian, Polri. Polri lah yang harus menegakkan hukum karena dia diberikan hak dan wewenang dari undang-undang untuk berhadapan dengan sipil," kata Ichwan terpisah.

Tonton juga video Viral tentang bakso kuah rawon berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT