ADVERTISEMENT

Habib Bahar Bakal Penuhi Panggilan Polda Jabar di Kasus Ujaran Kebencian

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 01 Jan 2022 21:09 WIB
Bahar bin Smith saat ini kembali diperbincangkan. Hal ini dikarenakan beredarnya sebuah video ceramah Habib Bahar bin Smith. Seperti apa bentuknya?
Habib Bahar (Antara foto/M Agung Rajasa)
Jakarta -

Habib Bahar bin Smith memastikan dirinya akan memenuhi panggilan Polda Jawa Barat (Jabar) terkait kasus dugaan ujaran kebencian. Habib Bahar mengaku selalu menghadapi setiap masalah.

"Senin saya datang ke Polda Jabar. Kalau saya bukan warga negara yang baik pak, saya udah pergi, saya udah kabur, saya udah lari. Ini nggak, saya laki-laki. Setiap ada masalah pasti saya hadapi," kata Bahar seperti dilihat detikcom dari video debat panas Bahar dengan Danrem 061 Brigjen Achmad Fauzi, Sabtu (1/1/2022).

Dalam video tersebut Habib Bahar menuturkan datang atau tidaknya Brigjen Achmad, dirinya akan tetap memenuhi panggilan Polda Jabar. Dia mengatakan, Brigjen Achmad tidak perlu datang menyambangi dirinya dengan membawa prajurit TNI hanya untuk menyuruhnya datang ke Polda Jabar.

"Bapak mau datang kemari, nggak datang ke mari sekarang, tetap saya bakal datang hari Senin ke Polda Jabar, saya bakal datang. Nggak perlu dengan bapak datang ke mari bareng-bareng trus itu menjadi syarat saya harus datang ke Polda Jabar," ujarnya.

"Buktikan," timpal Brigjen Achmad.

"Bukan buktikan, emang saya udah ngomong, bahkan hari Minggu saya datang, saya nginap di sana," jawab Bahar.

"Kalau nggak mau datang, bisa dijemput masalahnya," balas Brigjen Achmad.

Habiib Bahar menyampaikan tidak ada urusan Brigjen Achmad ikut mencampuri soal penjemputan dirinya. Sebab menurut Dia, TNI tidak berwenang mengurusi soal penjemputan.

"Nggak ada urusan, saya bakal datang. Urusan mau jemput yang jemput polisi bukan bapak dong," imbuhnya.

Seperti dketahui, Bahar rencananya akan diperiksa pada Senin 3 Januari 2022 oleh penyidik Polda Jabar. Surat panggilan terhadap Bahar sudah dilayangkan oleh penyidik Polda Jabar pada Kamis (30/12) pagi.

"Tadi pagi penyidik telah melayangkan surat panggilan kepada Bahar Smith dan langsung diterima untuk diperiksa Senin 3 Januari 2021," ujar Wakapolda Jawa Barat Irjen Eddy Soemitro di Mapolda Jawa Barat, Kamis (30/12).

Untuk kasusnya sendiri, Eddy menuturkan Bahar dijerat atas perkara ujaran kebencian. Akan tetapi, dia belum bisa menjelaskan rincian kasus tersebut.

"Terkait dengan ujaran kebencian, Pasal 28 UU 2016 ya tentang ITE, itu yang akan kami dalami," kata dia.

Terkait kasus ini, polisi telah memeriksa sejumlah saksi. Kini sudah ada 50 saksi termasuk ahli yang diperiksa.

(dek/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT