Cara Lain Atasi Macet di Jl Margonda Depok Usai Ganjil Genap Dihentikan

Nahda Rizki Utami - detikNews
Jumat, 17 Des 2021 16:51 WIB
Uji coba ganjil-genap mulai diberlakukan di Jalan Margonda Raya, Depok. Hari kedua penerapan gage, masih ada beberapa warga yang belum tahu aturan itu.
Jalan Margonda, Depok (ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA)
Depok -

Uji coba ganjil-genap di Jalan Margonda, Depok tidak dilanjutkan alias dihentikan. Ganjil genap ini sendiri dibuat untuk mengatasi kemacetan di Jalan Margonda yang terjadi setiap akhir pekan.

Namun, uji coba ganjil genap justru menimbulkan kemacetan di jalur-jalur alternatif, sehingga kebijakan ini dihentikan untuk sementara waktu. Untuk mengatasi kemacetan di Jalan Margonda sendiri, polisi menyiapkan upaya lain.

"Nanti kita untuk mengatasi kemacetan dengan cara lain. Caranya ya menertibkan lagi parkir sembarangan, pasang rambu rambu," kata Kasat Lantas Polres Depok Kompol Jhoni Eka Putra kepada wartawan, Jumat (17/12/2021).

Peningkatan Infrastruktur Jalan

Jhoni menyadari ganjil-genap tidak cukup efektif mengatasi kemacetan di Jalan Margonda Raya. Sebab, infrastruktur jalan di Jalan Margonda tidak cukup memadai.

"Infrastruktur jalan, kan memang saat ini Margonda ini jumlah kendaraan yang lewat kan cukup tinggi, sehingga memang sering terjadi kemacetan. Sambil berjalanlah pasti ditingkatkan lagi," ujar Jhoni.

Saat ini tinggal kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas. Salah satunya, agar tidak parkir di sembarang tempat.

"Ya masyarakat mematuhi petugas di lapangan, mematuhi peraturan lalu lintas, jangan parkir sembarangan," jelas Jhoni.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.