Uji Coba Ganjil Genap di Jalan Margonda Depok Dihentikan, Ini Alasannya

Nahda Rizki Utami - detikNews
Jumat, 17 Des 2021 15:43 WIB
Uji coba ganjil-genap mulai diberlakukan di Jalan Margonda Raya, Depok. Hari kedua penerapan gage, masih ada beberapa warga yang belum tahu aturan itu.
Suanasa di Jalan Margonda, Depok, saat pelaksanaan uji coba ganjil-genap weekend. (ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA)
Depok -

Pemerintah Kota Depok menghentikan uji coba ganjil-genap di Jalan Margonda Raya. Salah satu alasannya adalah ganjil-genap di Jalan Margonda justru menimbulkan kemacetan di jalur-jalur alternatif.

Kasat Lantas Polres Metro Depok Kompol Jhoni Eka Putra menjelaskan dari hasil evaluasi 4 kali penerapan ganjil-genap sebetulnya meningkatkan kinerja lalu lintas di Jalan Margonda Raya itu sendiri.

"Untuk ganjil-genap sendiri di Margonda itu mengalami peningkatan baik, lancar. Tapi di dalam buangannya itu daerah titik titik terjadi penurunan jaringan jadi kemacetan tetap panjang, kecepatan berkurang kemudian waktu tempuh bertambah," kata Kasat Lantas Polres Metro Depok Kompol Jhoni Eka Putra kepada wartawan, Jumat, (17/12/2021).

"Iya jalur alternatif menjadi titik penurunan jaringan seperti yang saya bilang tadi," tambah Jhoni.

Jhoni mengatakan terdapat langkah lain untuk mengatasi kemacetan di Jalan Margonda Raya selain dengan penerapan ganjil-genap. Langkah lainnya yaitu seperti penertiban parkir liar dan pemasangan rambu-rambu di jalan.

Seperti diketahui, Depok sempat melakukan uji coba ganjil-genap di ruas Jalan Margonda Raya. Ganjil-genap ini hanya diberlakukan pada saat akhir pekan Sabtu dan Minggu.

Sudah dua pekan ganjil-genap di Jalan Margonda diberlakukan sejak 4 Desember 2021. Namun pelaksanaan uji coba ganjil-genap ini berimbas terhadap lalu lintas di jalur alternatif.

Seperti yang terjadi pada Sabtu (11/12) lalu. Petugas sempat meloloskan kendaraan berpelat genap karena terjadi kemacetan menjelang mulut ganjil-genap, tepatnya di Jl Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

(mea/mea)