Lalai Kasa Tertinggal di Perut Berujung Mama di Papua Meninggal

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 10 Des 2021 20:09 WIB
ilustrasi gunting bedah
Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Dugaan malapraktik berujung meninggalnya mama di Papua. Pasien yang hamil tersebut meninggal dunia lantaran kasa tertinggal di dalam perut usai operasi.

Dugaan malapraktik itu awalnya viral di media sosial. Pihak Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) Mimika, Papua, pun buka suara soal dugaan malapraktik itu.

"Benda yang ada di perut itu adalah kasa yang tertinggal pada operasi yang pertama dan itu kami akui adalah kelalaian," kata Direktur RSMM, dr Johni R Tandisau, kepada wartawan, Kamis (9/12/2021).

Awal Peristiwa

Johni pun mengungkap awal peristiwa itu. Pada 26 Agustus 2021, pasien masuk ke rumah sakit lantaran mengandung anak yang ketujuh.

Lantaran masa kehamilan sudah melewati waktunya, direncanakanlah operasi atau caesar. Saat itu dilakukan tindakan operasi pertama oleh tim medis dan mengeluarkan bayi dari kandungan pasien.

Pada 31 Agustus 2021, pasien sudah diperbolehkan pulang. Pihak rumah mengaku pasien tidak datang lagi untuk melakukan kontrol.

Pada 27 Oktober 2021, pasien kembali mengunjungi rumah sakit. Pasien mendatangi poliklinik.

Saat itu, pasien mengeluhkan sakit di bagian perut, setelah operasi pertama mengalami bengkak (kembung) pada bagian perut, mual, serta muntah-muntah. Akhirnya saat itu pasien menjalani opname di rumah sakit.

Berdasarkan observasi medis, ditemukan adanya kelainan. Disebut adanya sumbatan pada usus pasien, sehingga dianjurkan untuk dilakukan operasi, tapi pasien menolak dan berobat jalan.

Lihat juga video 'RSUD Pandan Arang Boyolali Gelar Bakti Sosial Operasi Bibir Sumbing':

[Gambas:Video 20detik]