Viral Kasa Tertinggal di Perut Pasien lalu Meninggal, RSMM Papua Buka Suara

Saiman - detikNews
Jumat, 10 Des 2021 07:44 WIB
Medical bandages with scissors and sticking plaster
Ilustrasi (Thinkstock)
Timika -

Video dugaan malpraktik terhadap pasien hamil di Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) Mimika, Papua, viral di media sosial (medsos). Pihak Rumah Sakit Mitra Masyarakat buka suara soal dugaan malpraktik itu.

"Benda yang ada di perut itu adalah kasa yang tertinggal pada operasi yang pertama, dan itu kami akui adalah kelalaian," kata Direktur RSMM, dr Johni R Tandisau kepada wartawan Kamis (9/12/2021).

Johni mengatakan peristiwa itu berawal pada tanggal 26 Agustus 2021, pasien masuk ke rumah sakit lantaran hamil mengandung anak yang ke tujuh.

Karena masa kehamilan sudah melewati waktunya, sehingga direncanakan untuk operasi atau caesar. Saat itu dilakukan tindakan operasi pertama oleh tim medis dan mengeluarkan bayi dari kandungan pasien.

Pada 31 Agustus 2021, pasien diperbolehkan pulang ke rumah. Rumah sakit mengaku pasien tidak datang lagi untuk melakukan kontrol.

Pada 27 Oktober 2021, pasien mengunjungi lagi rumah sakit dengan mendatangi poliklinik. Pasien mengeluhkan sakit di bagian perut, setelah operasi pertama mengalami bengkak (kembung) pada bagian perut, mual serta muntah-muntah. Akhirnya saat itu pasien menjalani opname di rumah sakit.

Dari observasi medis, ditemukan adanya kelainan, ada sumbatan pada usus pasien, sehingga dianjurkan untuk dilakukan operasi namun pasien menolak dan berobat jalan.

Pada 20 November 2021 pasien kembali ke rumah sakit. Akhirnya, 22 November 2021 diputuskan untuk melakukan operasi mengeluarkan kain kasa tersebut.

"Ada kebocoran pada usus, kemudian dilakukan lagi operasi ulang tanggal 27 November oleh karena infeksi yang besar, pada tanggal 28 November ibu itu meninggal," terangnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya:

Saksikan juga 'KSAD Jenderal Dudung Minta Prajurit TNI Rangkul KKB Papua':

[Gambas:Video 20detik]