28 Rumah Warga Kota Sorong Rusak Diterjang Angin Kencang

Anta - detikNews
Jumat, 10 Des 2021 14:02 WIB
Salah satu rumah warga di Kelurahan Kampung Baru Kota Sorong yang rusak akibat angin kencang pada 8 Desember 2021. (ANTARA/Ernes Broning Kakisina)
Salah satu rumah warga di Kelurahan Kampung Baru Kota Sorong yang rusak akibat angin kencang pada 8 Desember 2021. (ANTARA/Ernes Broning Kakisina)
Jakarta -

Sebanyak 28 rumah warga Kota Sorong, Papua Barat, rusak akibat diterjang angin kencang. Petugas meminta warga terdampak angin kencang melapor.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sorong, Herlin Sasabone, mengatakan 28 rumah warga tersebut mengalami kerusakan ringan, sedang, hingga berat. Angin kencang melanda daerah tersebut pada Rabu (8/12).

"Hingga hari ini kami belum menerima laporan tertulis dari setiap kelurahan di Kota Sorong berapa total jumlah rumah warga yang rusak akibat kejadian angin kencang pada 8 Desember lalu tersebut," ujar Herlin seperti dilansir Antara, Jumat (10/12/2021).

Dia mengatakan data tersebut adalah data riil temuan langsung di lapangan oleh tim. Namun kemungkinan besar masih sama karena warga maupun pihak kelurahan belum melaporkan secara tertulis.

Ia menyarankan warga yang rumahnya rusak akibat angin kencang melaporkan secara tertulis kepada kelurahan sehingga data tersebut dilanjutkan kepada BPBD.

Selanjutnya, kata dia, BPBD mengusulkan kepada Wali Kota Sorong agar warga mendapatkan bantuan untuk merenovasi rumah yang rusak akibat angin kencang tersebut.

Dia mengatakan peristiwa angin kencang tersebut tidak masuk dalam kategori darurat dan skala nasional sehingga ditangani dengan anggaran APBD.

"Terkecuali peristiwa banjir dan longsor yang mengakibatkan lima orang meninggal dunia pada 2020 lalu masuk tanggap darurat skala nasional sehingga ditangani oleh pemerintah pusat," ujar dia.

(jbr/jbr)