Kemendikbud Minta UPN Jakarta Usut Penyebab Mahasiswi Tewas di Acara Menwa

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 22:32 WIB
Gedung Kemendikbud (Dok. Setkab)
Gedung Kemendikbud (Dok. Setkab)
Jakarta -

Seorang mahasiswi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) jurusan Fisioterapi Fauziyah Nabila atau Lala tewas usai mengikuti kegiatan pembaretan Menwa. Kemendikbudristek meminta rektor UPNVJ membentuk tim investigasi untuk mengusut penyebab tewasnya Lala.

"Kemendikbudristek melalui Ditjen Diktiristek telah berkoordinasi dengan pihak terkait dan meminta Rektor UPNVJ agar segera membentuk tim investigasi untuk melakukan penyelidikan demi mengetahui penyebab meninggalnya Fauziyah Nabilah," kata Koordinator Substansi Umum, Kerja Sama, Humas Ditjen Dikti Kemdikbud Yayat Hendayana melalui keterangan tertulis, Selasa (30/11/2021).

Yayat mengatakan Kemendikbudristek juga telah mengingatkan seluruh kampus agar meningkatkan standard operating procedure (SOP) Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau K3 dalam setiap kegiatan kemahasiswaan yang memiliki risiko tinggi.

"Kemendikbudristek mengingatkan seluruh kampus agar meningkatkan bimbingan profesional dengan SOP K3 yang baik untuk setiap kegiatan kemahasiswaan yang mengandung risiko tinggi," ujarnya.

Kemendikbudristek, kata Yayat, mengimbau seluruh pihak tidak terhasut isu yang beredar. Dia meminta semuanya bersabar menunggu hasil penyelidikan selesai dilakukan.

"Kemendikbudristek mengimbau agar semua pihak dapat bersabar menunggu hasil penyelidikan dan tidak terhasut oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan," ucapnya.

Yayat mewakili Kemendikbudristek juga menyampaikan ucapan belasungkawa atas meninggalnya Lala. Dia mendoakan agar almarhumah husnulkhatimah dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.

"Kemendikbudristek mengucapkan belasungkawa yang mendalam atas meninggalnya ananda Fauziyah Nabilah, mahasiswi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta setelah mengikuti kegiatan Resimen Mahasiswa (Menwa) Jayakarta. Semoga almarhumah husnulkhatimah dan keluarga yang ditinggal diberi kesabaran dan ketabahan dalam menerima musibah. Kami menyesalkan kejadian yang menimpa ananda Fauziyah Nabilah," imbuhnya.