8 Fakta ART Dalang Mafia Tanah Bikin Rugi Nirina Zubir Miliaran Rupiah

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 19 Nov 2021 08:01 WIB
Jakarta -

Nirina Zubir menjadi korban mafia tanah. Enam bidang tanah/bangunan senilai Rp 17 miliar milik mendiang ibunda, Cut Indria Martini, raib setelah dirampas oleh mantan asisten rumah tangga (ART) bernama Riri Khasmita.

Mantan ART Nirina ini telah membalik nama 6 sertifikat tanah/bangunan menjadi atas nama Riri dan suaminya Endrianto. Atas perbuatannya itu, Riri dkk ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini.

Berikut fakta-fakta terkait perampasan aset yang dilakukan oleh mantan ART Nirina:

1. Riri, Suaminya dan 3 Notaris Jadi Tersangka

Polisi menetapkan lima tersangka dalam kasus ini. Kelima tersangka adalah Riri Khasmita, suaminya Edrianto, dan 3 orang notaris Faridah, Ina Roisaina dan Erwin Riduan.

Dari lima tersangka ini, 3 di antaranya sudah ditahan yakni Riri, Edrianto dan Faridah.

"Dua yang masih dalam pendalaman, tetapi sudah ditetapkan sebagai tersangka," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Brigjen Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (18/11).


2. Motif Riri dan Suami Rampas Aset

Polisi mengungkapkan motif tersangka Riri dan suaminya, Edrinto melakukan perampasan aset-aset milik keluarga Nirina Zubir adalah untuk kepentingan ekonomi pribadi.

"Motivasinya adalah mencari keuntungan uang udah pasti. Dari mana pastinya, karena, dari hasil itu kemudian diuangkan dengan dua cara yaitu dijual dan diagunkan atau jadi hak tanggungan di bank," jelas Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat dalam jumpa pers di Polda metro Jaya, Jakarta, Kamis (18/11).

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya....