6 Aksi ART Dalang Mafia Tanah Nirina Zubir Berujung Ditahan Polisi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 18 Nov 2021 07:42 WIB
Jakarta -

Artis Nirina Zubir menjadi korban mafia tanah. Ironisnya, aset-aset berupa tanah dan bangunan senilai Rp 17 miliar milik keluarga Nirina Zubir ini raib digarong oleh mantan asisten rumah tangganya (ART) bernama Riri Khasmita.

Riri adalah ART yang sudah bekerja pada keluarga Nirina Zubir sejak 2009. Riri dipercaya oleh ibunda Nirina Zubir untuk mengurus sertifikat tanah yang 'hilang'.

Belakangan terungkap, sertifikat tanah itu tidak hilang, melainkan dibalik nama atas nama Riri Khasmita dan Endrianto.

"Alih-alih bantu, dia membalikkan surat ibu saya atas nama ibu saya, atas nama saya satu, kakak saya juga yang lain. Jadi ada enam bidang tanah itu semua diganti atas nama dia dan suaminya. Terus empat suratnya itu digadaikan ke bank dan dua surat lain dijual," terang Nirina Zubir, Rabu (17/11).

Polisi telah menetapkan lima orang tersangka dalam kasus ini. Tiga di antaranya ditahan polisi.

Berikut fakta-fakta aksi ART penggasak aset keluarga Nirina Zubir yang berakhir di kantor polisi:


1. ART Dalangi Penggelapan Aset

Seluruhnya ada lima orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka di kasus mafia tanah ini. Tiga orang lainnya adalah notaris dan pejabat pembuat akta tanah (PPAT).

"Iya, kita menggambarkannya seperti itu (AR sebagai dalang), karena barang itu ada dalam penguasaannya," kata Kasubdit Harda Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Petrus Silalahi saat dihubungi detikcom, Rabu (17/11).

2. ART dan Suami Ditahan Polisi

Kelima tersangka itu adalah Riri Khasmita, Endrianto (suami Riri), serta tiga notaris, yaitu Faridah, Ina Rosiana, dan Erwin Riduan. Riri, Endrianto, dan Faridah sudah ditahan polisi.

"ART sudah ditahan. Itu tiga orang kita tahan dan dua orang lagi akan kita lakukan pemanggilan," kata Petrus.

Tonton video 'Serba-serbi Kasus Nirina Zubir yang Jadi Korban Mafia Tanah':

[Gambas:Video 20detik]



Simak fakta lain di halaman selanjutnya....