6 Aksi ART Dalang Mafia Tanah Nirina Zubir Berujung Ditahan Polisi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 18 Nov 2021 07:42 WIB

5. ART Diduga Gunakan Hasil Kejahatan untuk Foya-foya

Nirina Zubir mengatakan Riri Khasmita dan suaminya, Endrianto, menggunakan uang hasil rampasan itu untuk foya-foya.

"Saya sakit hati dan marah karena saya tahu ibu saya sederhana sekali karena ibu saya nggak pernah nikmati uangnya sendiri. Tapi dia (Riri dan Endrianto) beli mobil baru, dia jalan-jalan ke luar negeri, dia modalin adiknya sekolah di Malaysia dari hasil ibu saya," kata Nirina Zubir di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (17/11/2021).

Nirina mengatakan tersangka Riri merupakan mantan asisten keluarganya. Sehari-hari dia mengasuh ibunya yang telah berusia lanjut.

6. ART Malah Tuding Nirina Menyekap

Alih-alih mengakui perbuatannya, ART malah menuding Nirina melakukan penyekapan. Hal ini terjadi ketika Nirina menginterogasinya di tempat kos ART.

"Ya kami dituduh melakukan penyekapan terhadap Riri Khasmita dan suaminya. Padahal kami juga punya bukti video dan foto bahwa itu nggak ada penyekapan," kata Nirina di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (17/11).

Nirina mengatakan tersangka Riri telah bekerja pada keluarganya sejak 2009. Sehari-hari dia mengurus ibu Nirina yang berusia lanjut.

Nirina mengaku keluarganya tidak pernah menaruh curiga kepada Riri. Namun kasus ini terbongkar setelah dia melakukan investigasi perihal enam sertifikat tanah milik keluarganya yang disebut Riri telah hilang.

Riri akhirnya mengakui enam sertifikat itu tidak hilang. Sertifikat tersebut justru telah diubah kepemilikannya menjadi atas nama Riri dan suaminya, Endrianto.

Menurut Nirina, saat pelaku telah mengakui perbuatannya, justru pihaknya mendapatkan caci maki dari ibu tersangka Riri.

"Saya malah dipanggil anak setan sama ibunya saat hari pertama Riri mengakui pemalsuan dokumen. Saat kami interogasi intens Riri di kosan itu, ibunya datang dan maki-maki kita seolah-olah kita jahat," ungkap Nirina.

Nirina mengapresiasi Polda Metro yang telah menetapkan lima tersangka di kasus ini. Nirina Zubir berharap ART yang telah berbuat jahat dihukum seadil-adilnya.


(mea/mea)