5 Fakta Terungkap Usai Komplotan Rampok Modus Gembos Ban Ditangkap

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 16 Nov 2021 07:23 WIB

2. Eksekutor Merupakan Residivis

Polisi mengungkapkan dua orang eksekutor perampokan modus gembos ban merupakan residivis kasus yang sama. Dua pelaku bernama Victor Angga (VA) dan Nandi Jasman (NJS) diketahui berperan sebagai eksekutor.

"Tersangka yang sudah kita amankan yang pertama adalah saudara VA, ini adalah residivis kasusnya yang sama, residivis di Cirebon. Pernah ditahan di 2018 dengan vonis 1 tahun penjara," jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya Brigjen Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (15/11/2021).

Berikutnya tersangka Nandi Jasman (NJS) juga seorang residivis. Nandi pernah dipenjara di Lapas Cibinong, Jawa Barat.

"NJS juga sama residivis, residivis Lapas Cibinong di tahun 2017, vonis 1 tahun kasus yang sama. Tersangka merupakan eksekutor yang menaruh sandal," katanya.

3. Bikin Ranjau dari Sandal Berpaku Payung

Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat mengatakan para pelaku awalnya menggunakan jari-jari payung yang telah diruncingkan. Nantinya, paku payung itu ditempelkan ke sebuah sandal.

"Dia gunakan jari-jari payung yang diasah sampai runcing dan ditempelkan di sandal. Saat kondisi macet mobil korban didekati dan akan tembus ke ban mobil karena dia akan lindas paku," kata Tubagus Ade di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (15/11/2021).

Saat mobil korban melindas ranjau paku, ban mobil korban akan mengalami kerusakan. Saat korban memperbaiki ban yang gembos, pelaku kemudian langsung melakukan aksinya.

"Jadi tinggal diikuti sampai ban bocor dan pasti (korban) akan ganti ban. Saat ganti ban itu para pelaku beraksi," ujar Tubagus Ade.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya