Polisi Ungkap Peran 6 Perampok Rp 400 Juta di PIK, Kenali Modusnya

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 15 Nov 2021 16:03 WIB
Jakarta -

Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap enam pelaku perampokan Rp 400 juta di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Penjaringan, Jakarta Utara. Para pelaku merampas uang nasabah yang baru keluar dari bank dengan modus menggembosi ban mobil.

"Modus ini memang modus yang sering terjadi, sudah beberapa kali juga edukasi dan kami sampaikan kepada masyarakat bagaimana cara mengamankan siapa yang patut dicurigai, karena biasanya mereka berkomplot," jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya Brigjen Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (15/11/2021).

Dari 6 pelaku ini, mereka bekerja dengan peran masing-masing. Ada yang bertugas mengawasi korban saat transaksi di bank hingga eksekutor yang merampas uang dari dalam mobil.

"Ada yang bertugas mengawasi, melihat mana korban yang mengambil uang," kata Yusri.

Pelaku tersebut kemudian akan menyampaikan ciri-ciri calon korban yang menjadi sasaran kepada temannya yang berada di luar.

"Nanti di luar sudah ada lagi yang menampung di sana untuk mengikuti korbannya," katanya.

Para pelaku ini kemudian bertugas menggembosi ban mobil korban dengan paku dari payung. Kemudian ada juga yang berpura-pura memberi tahu korban bahwa ban mobilnya gembos.

"Nanti (pelaku) menyampaikan 'Mohon maaf, Pak, Bapak punya ban kempes', berhenti. Nanti pada saat (korban) turun ada yang mengambil barang. Nah pelaku ini sama," katanya.

Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat menambahkan para pelaku ini melancarkan aksinya dengan berbagi peran.

"Enam orang tersebut masing-masing punya peran. Ada dua orang awasi, dua orang eksekutor, dan dua orang back-up kalau ketahuan," kata Tubagus Ade.

Keenam pelaku tersebut adalah Andriansyah (28), Agung Renaldi (25), Victor Angga, Nasri, Nandi, dan Roni Abdullah. Dua tersangka yang sudah ditahan di Polda Lampung adalah Andriansyah dan Agung Renaldi.

Perampokan terjadi pada 10 November 2021 di parkiran di Jl Pantai Indah Utara, Pantai Indah Kapuk, Penjaringan, Jakarta Utara. Para pelaku sebelumnya melakukan gembos ban.

(mea/mea)