Menurut Primbon, Rabu Pahing Cocok untuk Lantik Panglima TNI

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 12 Nov 2021 09:07 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Letjen Andika Perkasa menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang baru. Andika menggantikan Jenderal Mulyono, yang masuk masa pensiun pada Januari 2019.
Foto ilustrasi: Presiden Jokowi saat bersalaman dengan Jenderal Andika Perkasa (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencari hari baik untuk melantik Jenderal TNI Andika Perkasa. Menurut primbon Jawa, Rabu Pahing besok adalah hari yang cocok menjadi momen pelantikan Panglima TNI.

Selama ini, Jokowi tercitra sebagai pemimpin yang memperhatikan sistem penanggalan Jawa untuk melantik pejabat. Entah kebetulan atau disengaja, pelantikan menteri di kabinet Jokowi senantiasa digelar di hari Rabu Pon atau Rabu Pahing.

Jokowi pernah melantik menteri (atau menteri-menteri) pada Rabu Pon yakni 12 Agustus 2015, 27 Juli 2016, dan 23 Desember 2020. Pernah pula dia melantik menteri Rabu Pahing pada 17 Januari 2018 dan 15 Agustus 2018. Namun, Marsekal Hadi Tjahjanto dilantik menjadi Panglima TNI pada Jumat Pahing yakni 8 Desember 2017.

Lantas pada hari apakah Jokowi akan melantik Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI?

"Pelantikan Panglima nanti minggu depan. Harinya baru dicari hari baik. Tapi minggu depan insyaallah," kata Jokowi setelah menghadiri acara HUT ke-10 NasDem di Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (11/11).

Berikut adalah telaah hari baik di pekan depan berdasarkan Primbon. Orang yang menafsirkan adalah pakar budaya Jawa, doktor Ilmu Susastra Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UI.

"Saya bukan peramal, saya akademisi," kata Darmoko kepada detikcom, Kamis (11/11).

Simak video 'Menunggu Kabar Hari Baik Jokowi Lantik Andika Jadi Panglima TNI':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya, berdasarkan primbon: