Ular di Budaya Jawa

Ular Melilit Pilar Keraton, Pakar UI: Pertanda Suksesi Sultan Yogya

Danu Damarjati - detikNews
Sabtu, 24 Okt 2020 13:12 WIB
ular melingkar di tiang bangsal keraton yogya
Ular di pilar Bangsal Kemagangan, Keraton Yogyakarta. (Istimewa)
Jakarta -

Seekor ular melilit pilar bangunan Keraton Yogyakarta dinilai sebagai pertanda. Pakar budaya Jawa menilai ini isyarat yang dikirimkan Sang Pencipta mengenai suksesi di Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat.

Pakar budaya Jawa dari Universitas Indonesia (UI), Darmoko, menjelaskan tafsirannya atas peristiwa 8 Oktober, pekan lalu.

"Kalau saya tafsirkan, maka ini adalah pertanda atau sasmita terkait dengan tiang penyangga kekuasaan di Kasultanan Ngayogyakarta," kata Darmoko kepada detikcom, Jumat (23/10/2020).

Saat ini, Raja Keraton Yogyakarta adalah Sri Sultan Hamengkubawono X. Sri Sultan HB X dia lihat memiliki kuasa dan wibawa yang tinggi. Usia Sri Sultan HB X kini 74 tahun. Darmoko memandang suksesi di Keraton Yogyakarta memang perlu dipikirkan.

"Karena yang dililit ini adalah pilar. Adapun ular adalah penanda kekuatan adikodrati, dia memberi tanda atas kehendak Sang Maha Kuasa," kata Darmoko.

Ular itu melilit salah satu dari empat saka guru dari Bangsal Kemagangan di Kompleks Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Ngomong-ngomong soal tafsir, atas dasar apa Darmoko menafsirkan peristiwa ular melingkar di pilar Bangsal Magangan itu?

Pakar budaya Jawa dari Universitas Indonesia (UI), Darmoko. (Dok Pribadi Darmoko)Pakar budaya Jawa dari Universitas Indonesia (UI), Darmoko. (Dok Pribadi Darmoko)

"Bekal penafsiran adalah kekuatan imajinasi, intelektualitas, kepekaan intuisi, penguasaan tradisi, dan konvensi objek budaya. Otak-atik gathuk (mencocok-cocokkan) harus bisa dinalar, logis, dan relevan dengan periode konteks tertentu," ujarnya.

Darmoko merupakan peraih gelar doktor Ilmu Susastra Fakultas Ilmu Budaya UI. Disertasinya berjudul 'Wayang Kulit Purwa Lakon Semar Mbabar Jatidiri: Sanggit dan Wacana Kekuasaan Soeharto.' Dia pernah menjabat sebagai Koordinator Program Studi Jawa, dan sekarang menjadi Ketua Prodi Pascasarjana Asia Tenggara FIB UI.

"Saya berharap ini pertanda baik bagi Kasultanan Yogyakarta sehingga nantinya alih kekuasaan dari Sri Sultan X tidak ada hambatan suatu apapun," kata Darmoko.

Tonton video 'Malam Jumat Kliwon, Ular Melingkari Pilar Bangsal Keraton Yogya':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2