Warga Protes Dikirim Surat Tilang e-TLE di Depok, Begini Cara Konfirmasinya

Arief Ikhsanudin - detikNews
Sabtu, 06 Nov 2021 08:22 WIB
Tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) mulai diberlakukan di Kota Bandung. Total ada 21 titik yang dipasang.
Foto: Wisma Putra
Jakarta -

Ramai pembicaraan soal warga Depok, Jawa Barat dikirim surat tilang elektronik (e-TLE) padahal tidak melakukan pelanggaran. Rupanya, pelat nomor yang digunakan si pelanggar itu dipalsukan.

Untuk diketahui, kamera e-TLE merekam pelanggaran lalu lintas yang dilakukan para pengendara di jalan. Kendaraan melanggar lalu lintas ini nantinya akan dikirim yang namanya surat konfirmasi.

Warga bisa menyanggah tilang tersebut jika merasa tidak melakukan pelanggaran. Bagaimana caranya?

Berikut alur konfirmasi tilang elektronik berdasarkan grafik sebagai berikit:

Kamera e-TLE akan merekam dan mengidentifikasi kendaraan-kendaraan yang melanggar di jalanan. Kamera e-TLE ini akan membaca pelat nomor kendaraan tersebut.

Data-data pelanggaran ini kemudian akan diolah di back office untuk kemudian dikirim surat konfirmasi tilang ke alamat pemilik kendaraan. Ada dua cara konfirmasi yakni datang ke Posko e-TLE Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya atau Polres setempat dan bisa juga melalui situs www.etle-pmj.info

Jika tidak ada konfirmasi, maka STNK akan diblokir. Jika merasa tidak melakukan pelanggaran atau identitas kendaraan tidak sesuai, bisa memberikan sanggahan ke petugas.

Apabila memang melakukan pelanggaran dan identitas kendaraan telah sesuai, dilanjutkan dengan proses pembayaran. Pelanggar akan dikirim kode Briva via SMS. Jika tidak melakukan pembayaran, maka STNK akan diblokir.

(Sumber: Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya)(Sumber: Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya) Foto: (Sumber: Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya)