Anjing Canon Diduga Mati Gegara Stres Saat Dipindah dari Pulau Banyak Aceh

Agus Setyadi - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 14:45 WIB
Awas anjing galak. dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Ilustrasi Anjing (Dikhy Sasra/detikcom)
Banda Aceh -

Foto dan video dengan narasi soal anjing bernama Canon yang mati setelah ditangkap untuk dipindah dari Pulau Banyak, Aceh Singkil, viral. Satpol PP Aceh Singkil mengatakan anjing itu diduga mati gegara stres.

"Kami menduga mungkin anjing itu mati karena stres," kata Kasatpol PP dan Wilayatul Hisbah (WH) Aceh Singkil, Ahmad Yani, saat dimintai konfirmasi.

Ahmad Yani mengatakan ada dua ekor anjing yang dibawa pihaknya dari Pulau Banyak. Dia menyebut seekor anjing lainnya hidup dan telah diserahkan ke pemiliknya.

Dia mengatakan bangkai anjing yang mati telah dikuburkan setelah dia berkoordinasi dengan Sekda Aceh Singkil. Dia mengatakan tidak ada tanda-tanda kekerasan pada tubuh anjing yang mati tersebut.

"Tidak ada berbuih, tidak ada bekas luka. Jadi tidak ada dibunuh, boleh kita visum, suruh lihat dia kalau nggak percaya," ujar Ahmad.

Dia juga menjelaskan soal cara menangkap dan membawa anjing Canon itu. Dia mengatakan tindakan anggotanya tidak melanggar SOP.

"Tindakan kami tidak melanggar SOP," sebutnya.

Dikeluhkan Warga

Ahmad Yani mengatakan pihaknya banyak menerima laporan dari warga, Dinas Pariwisata, serta camat setempat soal keberadaan anjing di Pulau Banyak. Menurutnya, warga risi dengan keberadaan anjing di lokasi itu.

"Masyarakat udah risi itu, udah banyak lapor ke kami, Dinas Pariwisata, dan camat melapor juga. Makanya kita bawa ke Singkil supaya tidak berada di pulau lagi, yang menjadi tempat wisata," ujarnya.

Dia juga mengaku keberatan karena anjing tersebut mati saat dibawa ke daratan Aceh Singkil. Ahmad Yani menyebut pihaknya tidak membunuh anjing tersebut.

"Saya juga keberatan kalau itu mati. Rencana kami itu dibawa ke Singkil, kemudian diserahkan lagi ke pemiliknya. Jadi tidak ada dibunuh, ngapain juga kita bunuh, binatang butuh hidup juga," ujarnya.

Simak video 'Anjing Juga Punya Hak untuk Hidup, Jangan Sakiti Dia!':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.