2 Tahun Jokowi-Ma'ruf, Ini Kebijakan yang Tuai Apresiasi

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 20 Okt 2021 16:10 WIB
Duet Jokowi - Maruf Amin
Jokowi dan Ma'ruf Amin (Zaki Alfarabi/detikcom)
Jakarta -

Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin sudah genap dua tahun. Ada sejumlah kebijakan pemerintah yang dinilai bagus dan layak dipertahankan.

Sebagaimana diketahui, pasangan Jokowi-Ma'ruf memenangi Pilpres 2019 mengalahkan rivalnya, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Dua tahun lalu, Jokowi-Ma'ruf sudah menelurkan berbagai kebijakan. Beberapa di antaranya menuai pujian. Apa saja?

1. Penanganan Corona di Indonesia

Salah kebijakan Jokowi-Ma'ruf yang dianggap bagus dan menuai pujian ialah kebijakan penanganan Corona. Bahkan, WHO pun memuji kebijakan penanganan Corona yang terdiri dari pencegahan penularan kasus hingga vaksinasi. Cerita soal pujian WHO ini disampaikan oleh Menkes Budi Gunadi.

"Untuk mengatasi pandemi mereka juga muji juga oh kok akhirnya turunnya hebat sekali, tapi saya dengan kerendahan hati bilang ya sebagian turunnya itu karena memang kita tim seluruh Indonesia bekerja keras," cerita dia dalam konferensi pers yang disiarkan YouTube RSUP Persahabatan Kamis (9/9/2021).

Terkait vaksinasi, Indonesia juga menempati posisi enam besar di dunia dalam jumlah suntikan, melampaui Italia. Namun, Menkes Budi juga menyoroti beberapa negara yang cakupan vaksinasinya lebih dari 70 persen, seperti Israel, kembali menghadapi lonjakan kasus COVID-19.

"Dari sebagian negara mungkin setelah India kita kedualah yang sebagian besar sudah terkena Delta, memang kita sempat dicela oleh banyak orang, tapi sekarang yang lain yang mencela kita, kan kena juga," sambung dia.

Selain Israel, Budi mencontohkan lonjakan kasus Corona yang terjadi di Amerika Serikat. Bahkan, kasus hariannya sudah melampaui 100 ribu per hari.

Hal inilah yang seharusnya menjadi kewaspadaan bagi masyarakat Indonesia. Sebab, lonjakan virus SARS-CoV-2 COVID-19 bisa terjadi kapan saja, terlebih di tengah munculnya varian baru dan ketidakdisiplinan protokol kesehatan.

Lihat juga video '2 Tahun Kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf Amin':

[Gambas:Video 20detik]



Kebijakan populis selama pandemi: