Round-Up

Duduk Perkara CPNS Fiktif yang Menyeret Anak Nia Daniaty

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 07 Okt 2021 08:13 WIB
Anak Nia Daniaty membantah tuduhan penipuan tes CPNS
Anak Nia Daniaty membantah tuduhan penipuan tes CPNS. (Faiz Iqbal Maulid/detikcom)
Jakarta -

Kasus dugaan penipuan CPNS yang menyeret anak Nia Daniaty, Olivia Nathania, dan suaminya Rafly N Tilaar makin ruwet. Kini muncul pihak ketiga yang mengaku sebagai korban penipuan CPNS yang melaporkan Agustina dan Karnu.

Agustina dan Karnu adalah orang yang melaporkan Olivia Nathania. Olivia telah buka suara dan membantah tuduhan penipuan.

Olivia bahkan menyebut Agustina dan Karnu sebetulnya bukan korban, tetapi bagian dari perekrut korban. Di sisi lain, dua orang melaporkan Agustina dan Karnu ke polisi dengan tudingan dugaan penipuan CPNS.

Kedua orang yang mengaku korban dari Agustina dan Karnu ini menyebut bahwa Agustina dan Karnu-lah yang menipu mereka. Mereka kini saling menunjuk hidung, mencari kesalahan satu sama lain.

Berikut duduk perkara kasus dugaan penipuan CPNS yang melibatkan anak Nia Daniaty itu:


Agustina-Karnu Laporkan Anak Nia Daniaty

Kasus ini pertama kali mencuat setelah Polda Metro Jaya menerima laporan dari Agustina dan Karnu. Mereka melaporkan Olivia Nathania atas dugaan penipuan CPNS.

"Total korban ada 225 orang. Orang tua Olly mantan penyanyi lawas dan pernah bersuamikan pengacara, inisial ND, dan untuk ibunya lagunya populer (berjudul) 'Gelas Kaca'," kata pengacara Agustina dan Karnu, Odie Hodianto, di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (24/9/2021).

Agustina, yang merupakan mantan guru Olivia Nathania, menyebutkan saat itu Olivia meneleponnya pada 2019 dan menawarkan jasa terkait tes CPNS. Olivia, kata Agustina, menjanjikan bisa meloloskan keluarganya menjadi PNS.

"Malam hari dia chat saya tawarkan, 'Bu ada nggak yang mau masuk CPNS?' Saya bilang ada anak saya, bukan orang lain. Kata dia bisa karena sudah 4 tahun bawa ini. Saya juga tidak ada curiga apa pun karena bagaimanapun dia murid saya," tutur Agustin.

Agustina mengakui mengajak beberapa orang keluarganya untuk daftar CPNS 'jalur anak Nia Daniaty' ini. Sejumlah uang ditransfer Agustina ke rekening Rafly N Tilaar, suami Olivia.


Bukti-bukti Agustina dan Karnu

Agustina dan Karnu melaporkan Olivia Nathania bukan tanpa bukti. Mereka mengklaim punya bukti-bukti atas dugaan penipuan tersebut.

Selain bukti transfer uang, bukti lainnya adalah foto-foto dan video. Salah satunya adalah bukti video pelantikan bodong via Zoom Meeting yang menampilkan cuplikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Tadi BAP hari ini ungkap beberapa hal, pertama muncul video Anies Baswedan saat pelantikan virtual CPNS bodong. Kami tahu saat para korban diminta Olivia beli baju Korpri," kata pelapor, Fulan, didampingi pengacara Odie Hodianto, di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (1/10/2021).

Kemudian, Fulan juga menyerahkan bukti SK pengangkatan CPNS bodong ke polisi. Ada juga nota dinas bodong untuk penempatan pegawai.

Menurut Agustina, Olivia Nathania mengaku sebagai istri pejabat untuk meyakinkan korban. Olivia, kata Agustina, juga mengaku merupakan keluarga MenPAN-RB Tjahjo Kumolo dan hal ini telah dibantah langsung oleh Tjahjo.

Agustina dkk juga menyerahkan bukti foto dan video yang menunjukkan bahwa Olivia Nathania mengatur para korban.


Halaman selanjutnya, anak Nia Daniaty bantah tuduhan Agustina dkk

Simak Video: Pelapor CPNS 'Bodong' Anak Nia Daniaty Juga Ikut Dipolisikan

[Gambas:Video 20detik]