ADVERTISEMENT

Polisi Penilang Pengendara Bawa Sepeda di Mobil Ditegur-Disanksi Disiplin

Nahda Rizki Utami - detikNews
Sabtu, 02 Okt 2021 14:49 WIB
Penerapan elektronik tilang atau E-TLE di Jakarta telah hampir satu bulan. Hingga 24 November 2018, ada 3.624 kendaraan yang ditindak.
Ilustrasi Polisi Lalu Lintas (Pradita Utama/detikcom)

Polisi Salah Pasal

Ternyata pasal yang disebut polisi bernama Rizki itu salah. Hal itu dinyatakan oleh Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

"Dapat kami sampaikan bahwa anggota tersebut 'salah' dalam menerapkan Pasal 307, menjelaskan tentang kendaraan bermotor angkutan umum barang, yang membawa barang melebihi dimensi angkutan dan dapat membahayakan keselamatan," kata Sambodo kepada wartawan.

Menurut Sambodo, seharusnya anggota tersebut menerapkan Pasal 283 UU LLAJ, apabila barang yang diangkut ke mobil penumpang itu dapat mengganggu konsentrasi si pengemudi.

Berikut ini bunyi Pasal 307:


"Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor angkutan umum barang yang tidak mematuhi ketentuan mengenai tata cara pemuatan, daya angkut, dimensi kendaraan sebagai mana dimaksud dalam Pasal 169 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500.000"

Berikut ini bunyi Pasal 283:

"Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah)."


(mea/mea)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT