Deal Baru dari Formula E Jakarta yang Jadi Kontroversi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 30 Sep 2021 11:08 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin konvoi mobil listrik dari GBK ke Monas, Jakarta, Jumat (20/9/2019). Anies konvoi menggunakan mobil listrik BMW i8.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Rengga Sancaya/detikcom)

Kesepakatan Formula E Jadi 3 Tahun

Pemprov DKI Jakarta melalui PT Jakpro memiliki kesepakatan baru dengan pihak penyelenggara Formula E. Apa itu?

Kesepakatan baru itu dipaparkan dalam dokumen yang dikirim tim Humas Pemprov DKI Jakarta. Dokumen itu diberi judul 'Katanya vs Faktanya Formula E'.

Ada 12 poin pertanyaan soal Formula E yang dijawab Pemprov DKI. Salah satunya soal pelaksanaan Formula E yang dijadwalkan 5 tahun berturut-turut.

"Katanya: hanya untung jika dilaksanakan 5 tahun. Mengapa Formula E dilaksanakan selama 5 tahun berturut-turut? Hanya tiga kota yang melaksanakan secara berturut-turut dan bahkan merugi," demikian pemaparan Pemprov DKI.

Pemprov DKI dalam dokumen Dinas Kominfotik kemudian memberi jawaban. Menurut Pemprov DKI, Formula E Jakarta bakal digelar 3 tahun berturut-turut, bukan 5 tahun.

"Hasil kesepakatan baru Jakpro dengan FEO adalah periode pelaksanaan disesuaikan 3 tahun, yaitu 2022, 2023, dan 2024," demikian keterangan tertulis Pemprov DKI Jakarta yang dilihat detikcom, Rabu (29/9/2021).

Pemprov DKI mengatakan keputusan tersebut diambil setelah dilakukan kajian ulang penyelenggaraan Formula E di tengah pandemi COVID-19. Pemprov DKI meyakini tiga tahun adalah waktu yang pas memaksimalkan dampak ekonomi dari gelaran Formula E.

"Tiga tahun merupakan waktu yang tepat untuk memaksimalkan manfaat dan dampak ekonomi," demikian pemaparan dari Pemprov DKI.

"Investasi infrastruktur jadi optimal jika infrastruktur itu dimanfaatkan bukan hanya untuk satu kali penyelenggaraan. Justru merugikan jika Formula E hanya dilaksanakan sekali karena biaya infrastruktur balapan yang merupakan salah satu pos pengeluaran terbesar menjadi tidak termanfaatkan beberapa kali," tulis Pemprov DKI.