Seperti IDI, Komisi IX Minta Nakes di Papua Dipindah ke Tempat Lebih Aman

Arief Ikhsanudin - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 05:18 WIB
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris
Foto: Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris (Karin-detikcom)
Jakarta -

Wakil Ketua Komisi IX DPR Charles Honoris mengutuk aksi biadab KKB terhadap tenaga kesehatan di Papua. Dia menilai KKB telah melanggar aturan soal perang.

"Saya menyampaikan rasa dukacita yang mendalam kepada keluarga mendiang Gabriela Meilan. Apa yang dilakukan teroris KKB terhadap Gabriela Meilan dan kawan-kawan adalah aksi teror yang paling biadab, karena menjadikan para nakes sebagai sasaran kekerasan," ucap Charles kepada wartawan, Jumat (17/9/2021).

"Aksi kekerasan yang menyasar para nakes dalam konflik keamanan di Papua seharusnya tidak terjadi. Sebab, dalam kondisi peperangan sekalipun, ada etika yang memasukkan nakes (selain perempuan dan anak) sebagai salah satu pihak yang tidak boleh mendapat kekerasan, apalagi dibunuh, oleh pihak manapun," sambungnya.

Politikus PDIP ini menilai tenaga kesehatan memiliki peran penting di area konflik. Dia mengatakan tenaga kesehatan akan memberikan pertolongan kepada siapapun tanpa pandang bulu.

"Seandainya pun KKB tersebut membutuhkan pertolongan kesehatan dari para nakes, maka atas nama kemanusiaan para nakes tersebut pasti akan menolong mereka. Karenanya, tindakan tidak manusiawi terhadap para pejuang kemanusiaan adalah tindakan paling biadab," ujarnya.

Charles meminta para tenaga kesehatan di daerah rawan konflik di Papua untuk dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Dia juga berharap TNI-Polri segera menumpas KKB.

"Melihat gangguan keamanan yang terus terjadi di Papua dan KKB tidak lagi menjunjung etika konflik, saya meminta para nakes yang bertugas di daerah rawan konflik untuk ditarik, demi tidak adanya lagi para nakes yang menjadi korban teroris KKB," kata Charles.

"Tentu sambil mendorong aparat TNI untuk menumpas habis para teroris KKB yang sedang cari perhatian jelang perhelatan PON XX di Papua," imbuhnya.

Lihat video 'Aksi Keji Teroris KKB di Pegunungan Bintang Papua':

[Gambas:Video 20detik]