Lukas Enembe Sampaikan Dukacita Nakes Dibantai KKB Lewat Jubir

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 17 Sep 2021 16:54 WIB
Teroris KKB menyerang TNI-Polri hingga membakar fasilitas umum seperti SD hingga puskesmas di Kabupaten Pegunungan Bintang. Seorang mantri dilaporkan hilang. (Dok Polda Papua)
Teroris KKB menyerang TNI-Polri hingga membakar fasilitas umum seperti SD hingga puskesmas di Kabupaten Pegunungan Bintang. Seorang mantri dilaporkan hilang. (Foto: dok. Polda Papua)
Jakarta -

Seorang tenaga kesehatan (nakes) tewas dan sejumlah lainnya terluka akibat kekejaman kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. Gubernur Papua Lukas Enembe menyampaikan dukacita.

"Gubernur Provinsi Papua Bapak Lukas Enembe SIP MH menyampaikan dukacita yang mendalam terhadap jatuhnya korban tenaga kesehatan dalam tragedi penyerangan di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua," kata juru bicara Gubernur Papua, M Rifai Darus, dalam keterangannya, Jumat (17/9/2021).

Lukas Enembe berharap keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kesabaran. Gubernur juga meminta Pemkab Pegunungan Bintang memperhatikan kebutuhan korban selamat dalam peristiwa tersebut.

Lukas juga minta koordinasi di antara pihak terkait menyelesaikan secara tuntas kasus penyerangan Puskesmas Kiwirok serta sejumlah nakes.

"Gubernur Provinsi Papua meminta agar upaya pencarian terhadap tenaga kesehatan yang masih hilang untuk terus dilakukan dengan tetap memperhatikan kondisi keamanan bagi tim penyelamat," kata dia.

Lukas meminta seluruh masyarakat Pegunungan Bintang tetap tenang, menjaga situasi tetap kondusif, dan waspada. Dia mengatakan pemerintah bersama penegak hukum berupaya melindungi masyarakat.

Lukas mengajak semua pihak menciptakan kedamaian di Tanah Papua. Dia mengatakan semua orang bersaudara dan bertanggung jawab untuk saling menjaga.

Lukas juga memandang nakes sebagai sosok penting di tengah pandemi COVID-19.

"Gubernur Provinsi Papua berpesan bahwa tenaga kesehatan adalah sosok yang paling penting saat ini. Banyak sekali tugas kemanusiaan yang telah dilakukan oleh tenaga kesehatan, terlebih pada saat ini bangsa kita masih terus menghadapi pandemi COVID-19. Untuk itu, sangat disayangkan apabila SDM tenaga kesehatan di Papua berada dalam posisi yang terancam keselamatannya," kata Rifai.

Simak kesaksian penyerangan KKB ke Distrik Kiwirok, Pegunungan Bintang, di halaman selanjutnya.

Simak Video: Aksi Keji Teroris KKB di Pegunungan Bintang Papua

[Gambas:Video 20detik]