Heboh Bupati Polman Beli Mobil Dinas Baru Seharga Rp 2,5 M Saat Pendemi

Abdy Febriadi - detikNews
Senin, 23 Agu 2021 21:53 WIB
Polewali -

Keputusan Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar), mengadakan kendaraan dinas (randis) baru untuk Bupati Andi Ibrahim Masdar menuai sorotan publik. Mobil seharga Rp 2,5 miliar itu dibeli saat pendemi Corona.

Tokoh masyarakat setempat menilai Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar dianggap tidak memiliki kepekaan, terhadap kesulitan yang saat ini dihadapi warganya. Dia menyebut dana itu bisa dialihkan untuk penanganan pandemi.

"Sangat tidak etis lah, di moment kondisi yang sangat mencekik saat ini, masyarakat kita di tengah Covid pandemi, Bupati justru membeli mobil dengan harga yang sangat fantastis 2,5 miliar itu, karena apa, kalau kita menilai bahwa kondisi saat ini yang sangat tidak memungkinkan, uang 2,5 miliar itu bisa dialokasikan ke hal-hal yang lebih produktif dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," kata salah satu tokoh pemuda Polewali Mandar, Herman Kadir kepada wartawan, Senin (23/08/2021).

"Tapi nyatanya bupati justru lebih mementingkan kepentingan pribadinya di atas kepentingan masyarakat khalayak, makanya kami mengkritisi, sagat mengkritisi," sambungnya.

Pria yang akrab disapa Hervol ini juga menilai, pengadaan randis baru untuk Bupati Andi Ibrahim Masdar, melanggar Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2020, tentang standar harga satuan regional.

"Menurut data yang kami dapat sesuai dengan Perpres nomor 30 tahun 2020, aturan di situ tidak lagi berbicara masalah spek, tetapi di situ diatur ada standar harga maksimal yang harus digunakan oleh Eselon I dalam hal ini Bupati maupun Gubernur bahwa harga di situ diatur sebanyak Rp 700-an juta, jadi tidak lagi mengatur masalah spek," tegas mantan Ketua Kesatuan Pelajar Mahasiswa Polewali Mandar itu.

Penjelasan Pemda

Menanggapi sorotan tersebut, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Polewali Mandar, Aco Musaddad mengatakan, pengadaan randis baru untuk bupati dinilai wajar. Selain karena sudah lama direncanakan, selama menjabat hampir delapan tahun, Bupati Polewali Mandar disebut belum pernah memiliki randis baru.

"Sebenarnya di awal periode beliau (Bupati) tahun 2014-2019, pengadaan randis ini selalu dikemukakan, tetapi Bapak Bupati selalu menyampaikan lebih baik kita prioritas dulu pada infrastruktur. Jadi itu sudah disampaikan berkali-kali sampai beberapa tahun itu, jadi pengadaan randis itu sudah jauh sebelumnya (direncanakan)," kata Aco Musaddad saat dikonfirmasi di Taman Harmonis Kantor Bupati Polewali Mandar.

"Bapak Bupati selama ini menggunakan kendaraan operasional, pertama menggunakan kendaraan pribadi, kalau saya sering mendampingi beliau kunjungan keluar daerah, biasanya beliau menggunakan mobil pribadi juga, menggunakan mobil yang pernah digunakan mobil bapak wakil bupati, kemudian bapak sekda, yang memang mobil dinas," sambung Aco.

Rumah dinas Bupati Polewali Mandar, Andi IbrahimRumah dinas Bupati Polewali Mandar, Andi Ibrahim (Foto: Abdy F/detikcom)

Simak berita selengkapnya pada halaman berikut.