Ma'ruf Amin Hadiri Sidang Tahunan MPR Berbaju Adat Sulawesi Barat

Rolando Fransiscus Sihombing, Lisye Sri Rahayu - detikNews
Senin, 16 Agu 2021 08:09 WIB
Maruf Amin saat berangkat dari Rumah Dinas ke DPR
Wapres Ma'ruf Amin (dok. Setwapres)
Jakarta -

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin pagi ini menghadiri Sidang Tahunan MPR serta Sidang Bersama DPR dan DPD Tahun 2021 di Ruang Rapat Paripurna, gedung Nusantara. Ma'ruf Amin tampak mengenakan pakaian adat Suku Mandar asal Sulawesi Barat (Sulbar).

Berdasarkan foto dan keterangan yang diterima detikcom, Senin (16/8/2021), Ma'ruf tampak mengenakan perpaduan jas dan celana hitam. Ma'ruf memakai kain sarung tenun warna merah bercorak khas Mandar yang digunakan sebagai ikat pinggang.

Ma'ruf juga mengenakan penutup kepala yang disebut 'songkok tabone' dan menggunakan masker berwarna hitam. Pakaian adat pria Suku Mandar yang dikenakan Ma'ruf kali ini memang tampak sederhana. Sebab, hal ini dilandasi alasan filosofi bahwa pria Mandar harus gesit dan cekatan dalam bekerja.

Ma'ruf berangkat dari rumah dinas, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, pagi ini. Ma'ruf tiba di kompleks parlemen sekitar pukul 07.45 WIB.

Selain Ma'ruf Amin, Ketua DPR RI Puan Maharani telah tiba di gedung parlemen pagi ini. Kedatangan Puan dan Ma'ruf hampir berbarengan.

Sidang Tahunan MPR serta Sidang Bersama DPR dan DPD diselenggarakan secara daring dan luring dengan protokol kesehatan ketat. Ma'ruf Amin akan turut mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Setelah menghadiri sidang ini, di tempat yang sama Ma'ruf Amin juga akan menghadiri Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2021-2022 untuk mendengarkan Pidato Presiden dalam rangka Penyampaian Keterangan Pemerintah atas RUU Tentang APBN Tahun Anggaran 2022 beserta Nota Keuangannya.

Pidato kenegaraan Presiden Jokowi itu akan disiarkan secara langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden dan saluran TV nasional. Siaran langsung pidato pertama akan dilaksanakan pada pukul 08.30 WIB, Senin (16/8/2021).

"Hai #SobatSetneg, jangan lewatkan siaran langsung Pidato Presiden RI dalam rangka Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI - DPD RI Tahun 2021, pada hari Senin 16 Agustus 2021 pukul 08.30 WIB di saluran TV Nasional dan Kanal Youtube Sekretariat Presiden," tulis Setneg melalui akun Instagram, Minggu (15/8).

(lir/gbr)