ADVERTISEMENT

5 Anggotanya Teken Usulan Interpelasi ke Anies, F-PDIP Sokong Lobi-lobi

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kamis, 19 Agu 2021 09:03 WIB
Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono.
Foto: dok. DPRD DKI Jakarta
Jakarta -

Ada lima dari 25 anggota Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) DPRD DKI Jakarta yang mengusulkan hak interpelasi soal Formula E. Ketua Fraksi PDIP Gembong Warsono menjelaskan soal tak semua anggota fraksi mengusulkan hak interpelasi.

"Namanya hak interpelasi itu hak anggota dewan, itu melekat. Maka ada anggota PDIP yang ajukan hak interpelasi kepada gubernur," ucap Ketua Fraksi PDIP Gembong Warsono, saat dihubungi, Kamis (19/8/2021).

Bagi Gembong, kondisi itu bukan berarti fraksi tinggal diam atau tidak mendukung. Fraksi memiliki peran penting untuk memfasilitasi hingga persyaratan terpenuhi. Diketahui, usulan hak interpelasi itu harus diusulkan minimal oleh lima belas anggota dan lebih dari satu fraksi.

"Sekarang, posisi fraksi ada di mana. Memberikan dukungan dan sokongan kepada teman-teman dari anggota Fraksi PDIP sebagai inisiator, dan dukungan serta lobi-lobi politik dengan anggota DPRD lain fraksi untuk diajak bersama ajukan interpelasi," katanya.

Diketahui, lima anggota Fraksi PDIP yang sudah menandatangani usul hak interpelasi adalah Ima Mahdiah, Rasyidi, Wa Ode Herlina, Ong Yenny, dan Gilbert Simanjuntak. Gembong selaku Ketua Fraksi belum menandatangani usulan tersebut.

"Kan gampang, PDI Perjuangan jumlah anggota 25. Yang penting, lima orang mencari teman dulu. Bahasa kampungnya, 'Lu cari teman.' 'Sudah dapat, Mas, tapi kurang.' 'Ya sudah, kurangnya gua tanda tangani.' Kan gitu bahasa kampungnya," kata Gembong.

Gembong menuturkan sikap Fraksi PDIP resmi menolak pergelaran Formula E di tengah masa pandemi virus Corona (COVID-19). Menurut Gembong, lebih baik pemerintah daerah fokus pada perbaikan pascapandemi.

"Kalau sikap resmi fraksi, dalam pandangan umum jelas sampaikan, (saat) perubahan RPJMD kemarin, fokus saja menangani pandemi, alokasi anggaran manfaatkan untuk tuntaskan program tertinggal karena pandemi," katanya.

Lihat juga video 'PDIP DKI Pertanyakan Tujuan Anies Ngotot Gelar Formula E':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT