ADVERTISEMENT

PAN: Interpelasi Anies soal Formula E Kurang Tepat

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 18 Agu 2021 15:30 WIB
Wakil Ketua DPRD DKI dari Fraksi PAN, Zita Anjani
Wakil Ketua DPRD DKI dari Fraksi PAN, Zita Anjani. (Foto: Dok. Pribadi)
Jakarta -

Anggota DPRD DKI Fraksi PDIP dan PSI hendak mengusulkan hak interpelasi ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Fraksi PAN membela Anies.

Penasihat Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta Zita Anjani awalnya menilai interpelasi merupakan hak setiap dewan. Namun, dia tidak setuju jika Formula E dianggap membebani APBD.

"Menginterpelasi Pemprov soal Formula E, saya pikir kurang tepat. Tidak bisa dikatakan kalau Formula E membebani APBD, mengganggu penanganan COVID-19. Sebab, saya yakin Pak Anies sudah memperkirakan semuanya," kata Zita dalam keterangan tertulis, Rabu (18/8/2021).

Selain itu, Zita meyakini terselenggaranya event Formula E tidak akan mengganggu penanganan pandemi Corona. Menurutnya, Jakarta menangani COVID-19 lebih baik dibanding wilayah lainnya.

"Sejauh ini, DKI Jakarta-lah yang penanganan COVID-nya paling baik. Vaksinisasinya melebihi target Presiden bahkan di tengah sulitnya ekonomi, DKI Jakarta masih mampu memberi bantuan ke warga yang terdampak COVID," jelasnya.

Wakil Ketua DPRD DKI itu menyatakan Jakarta sudah melewati proses panjang mempersiapkan Formula E. Bahkan, sudah mengantongi restu dari DPRD DKI.

Dibandingkan menggulirkan interpelasi, Zita berpendapat lebih baik legislatif dan eksekutif fokus pada penanganan pandemi Corona di Ibu Kota.

"Saya pribadi berharap dan mengajak daripada kita sibuk menginterpelasi Pak Anies, lebih baik kita bersatu, bahu-membahu membantu penanganan COVID-19 di Jakarta semampu dan sebisa kita," ucapnya.

Sebelumnya, dukungan dari anggota DPRD DKI Jakarta untuk mengajukan hak interpelasi ke Gubernur Anies Baswedan bertambah. Saat ini, sebanyak 13 anggota DPRD DKI telah menandatangani dokumen usulan hak interpelasi.

Sementara sebelumnya ada lima anggota DPRD DKI dari Fraksi PDIP, kini delapan anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) turut menandatangani usulan hak interpelasi. Delapan anggota PSI itu adalah Idris Ahmad, Justin Adrian, Anthony Winza, Viani Limardi, August Hamonangan, William Aditya, Anggara Wicitra, dan Eneng Malianasari.

"Jadi pengumpulan tanda tangan ini adalah respons kami terhadap ajakan dari rekan PDIP dari Pak Jhonny Simanjuntak yang mendorong interpelasi. Kami siap mendukung dan akan berkomunikasi dengan fraksi lain dan tentu dengan PDIP yang sudah lebih dulu mengumpulkan tanda tangan," kata Ketua DPW PSI Jakarta Michael Victor Sianipar dalam konferensi pers, Rabu (18/8/2021).

PSI menyebut keterangan Anies mengenai Formula E merupakan kebutuhan mendesak. Sebab, dalam waktu dekat DPRD DKI akan segera membahas APBD 2022. Tak hanya itu, PSI menilai ajang balap mobil listrik telah merugikan keuangan daerah.

(idn/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT