Bikin Halu Parah, Ini Bahaya Narkotika DMT yang Dipesan WN Rusia di Bali

Sui Suadnyana - detikNews
Jumat, 28 Mei 2021 17:57 WIB
BNNP Bali menangkap WN Rusia pemilik narkotika jenis Dimethyltryptamine (DMT) (Sui S/detikcom)
BNNP Bali menangkap WN Rusia pemilik narkotika jenis Dimethyltryptamine (DMT) (Sui S/detikcom)

"Kalau orang memakai itu dia (bisa) berhalusinasi. Sama dengan ganja dia. Nah di sana ada kandungan yang sama dengan ganja, ada kandungan ketenangan, ada kandungan memberikan efek rekreasinya. Efek rekreasinya contohnya dia kalau senang (maka) senang berlebihan. Dan lebih keras daripada ganja," tuturnya.

BNNP Bali pernah menangani kasus penyalahgunaan DMT sebelumnya. Narkotika ini berbentuk alami maupun buatan.

"Tanaman yang menjalar kemudian kulit pohonnya ini digunakan untuk pengobatan, diseduh, airnya diminum. Ini yang alami. Ada juga yang sintetis yang buatan. Kemudian ada juga yang dimodifikasi. Sebelumnya kami nangkap dalam bentuk pasta, jadi sudah dalam bentuk makanan, dalam bentuk cake. Nah itu dia (pelaku) seduh juga setiap hari digunakan untuk terapi," terangnya.

Menurut Arjaya, semua jenis narkotika bisa membahayakan kesehatan yang bisa menyerang saraf inti manusia, termasuk DMT. DMT ini berasal dari tumbuhan di Amerika Selatan atau Amazon yang banyak digunakan dalam pengobatan tradisional.

"Ya jadi semacam digunakan oleh dukun-dukun di sanalah. DMT juga ada yang buatan, yang chemical. Tapi yang kita tangkap ini yang alami," tuturnya.

Untuk diketahui, WN asal Rusia berinisial AG ditangkap berawal dari kecurigaan petugas Seksi Penindakan dan Penyidikan (P2) Kantor Pos Besar Renon Denpasar Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean Ngurah Rai terhadap sebuah paket asal Ukraina.

Karena curiga, paket tersebut kemudian dilakukan pencitraan melalui mesin X-ray. Hasilnya terlihat citra potongan kayu berwarna cokelat yang diduga narkotika golongan I jenis DMT.

Pada Rabu (19/5), petugas BNNP Bali bersama dengan Kantor Wilayah Bea Cukai Bali, NTB, NTT dan KPPBC Ngurah Rai melakukan penyerahan di bawah pengawasan (controlled delivery) terhadap paket tersebut. Akhirnya dapat dilakukan penangkapan terhadap penerima inisial AG di tempat tinggalnya di Jalan Pondok Mekar, Lingkunhan Tukad Nangka, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung.


(jbr/idh)