detikcom Do Your Magic

Kanstin-Bollard Belum Ada di U Turn Jl Satrio, Pemotor Masih Menerobos

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Selasa, 18 Mei 2021 15:05 WIB
Kondisi trotoar di kolong JLNT Casablanca, Kuningan. Pemotor naik melalui celah di putar balik.
Kondisi trotoar di kolong JLNT Casablanca, Kuningan. Pemotor naik melalui celah di putar balik (Rakha Arlyanto Darmawan)
Jakarta -

12 Portal S dan peninggian kanstin telah dipasang oleh Dinas Bina Marga DKI Jakarta di Jl Prof Dr Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan. Namun, pemotor tetap bisa masuk ke trotoar median jalan ini melalui celah terbuka di sekitar U turn (tempat putar balik).

Celah terbuka itu ada di U Turn seberang Ciputra Wold 1, sebagaimana dipantau detikcom di lokasi, Selasa (18/5/2021).

Masih banyak pemotor dan pedagang yang nongkrong di sepanjang trotoar. Sepeda motor yang masuk lewat lokasi ini kemudian melaju sampai ke dekat portal S seberang Medikaloka.

Di putaran balik seberang Ciputra World 1, tampak sejumlah pemotor menerobos masuk ke dalam trotoar median jalan. Ada juga yang rela mengangkat motornya.

Sejumlah ojek online (ojol) tampak parkir dan beristirahat di sepanjang trotoar tersebut. Tidak ada penjagaan dari petugas Dishub DKI di sekitar trotoar. Arus lalin di Jl Prof Dr Satrio tampak ramai lancar.

Di putaran u turn, Ciputra World 1 yang kerap dipakai pemotor untuk masuk ke trotoar pun belum ada peninggian kanstin.

Dinas Bina Marga DKI akan melakukan peninggian kanstin di sekitar titik putar balik kendaraan. Bukan hanya pemasangan kanstin yang lebih tinggi, Bina Marga juga akan memasang bollard (pasak) di lokasi ini supaya sepeda motor tak bisa lagi menerobos masuk.

"Memang masih ada beberapa pengguna motor yang memaksa masuk (pengamatan tadi pagi). Untuk posisi di titik u turn ini memang direncanakan peninggian kanstin dan pemasangan bollard jarak 60 cm," ujar Kepala Dinas Bina Marga DKI, Hari Nugroho, Selasa (18/5) kemarin.

"Jadi setelah dikerjakan kemungkinan motor sudah nggak bisa lewat lagi," tambahnya.

Kondisi trotoar di kolong JLNT Casablanca, Kuningan. Pemotor naik melalui celah di putar balik.Kondisi trotoar di kolong JLNT Casablanca, Kuningan. Pemotor naik melalui celah di putar balik. Foto: Rakha Arlyanto Darmawan
(aik/aik)