Round-Up

Kabar Terkini Kasus Kerumunan Jakmania di HI

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 29 Apr 2021 06:35 WIB
Persija Jakarta dan Persib Bandung bertanding di laga pekan kedelapan Liga 1 2019. Pertandingan yang dihelat di SUGBK itu dipadati The Jakmania.
Foto: Ilustrasi Jakmania (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya masih menyelidiki kasus kerumunan Jakmania di Bundara HI, Jakarta Pusat. Terbaru, polisi memeriksa sejumlah saksi, di antaranya dari Jakmania, Manajer Persija hingga pemilik atau admin media sosial.

Pada Rabu (28/4/2021) kemarin, Polda Metro Jaya memeriksa Manajer Persija Mohamad Prapapanca dan Ketua Umum Jakmania Diky Soemarno. Hanya saja, Diky berhalangan hadir karena sakit.

Seusai pemeriksaan, Prapanca mengaku dirinya dicecar pertanyaan terkait hubungan Persija dengan The Jakmania. Prapanca diperiksa di Polda Metro Jaya terkait kerumunan Jakmania selama sekitar 3 jam.

Ulah Oknum

Menurut Prapanca sendiri, kerumunan Jakmania yang terjadi di Bundaran HI, Jakarta Pusat pada Minggu (25/4) malam lalu adalah ulah oknum dari Jakmania.

"Ya menurut keterangan suporter, itu oknumnya The Jakmania," ujar Prapanca di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (28/4/2021).

Dia menegaskan pihaknya sudah mengeluarkan imbauan kepada Jakmania untuk tidak konvoi dan berkerumun seperti yang telah terjadi di Bundaran HI. Imbauan tersebut pun, disebut Prapanca, telah disampaikan kepada seluruh pengurus Jakmania.

"Kita kan waktu itu sudah pasang hashtag sesuai penyelenggara dari Kemenpora bahwa dijalankan tanpa kerumunan, tanpa nonton bareng. Terus ada beberapa oknum suporter yang tetap nekat spontanitas melihat klubnya juara ya. Tapi tentunya itu kan sudah jauh-jauh hari sudah kita kasih tahu tidak perlu ada sebenarnya," paparnya.

Halaman selanjutnya, pengakuan pengurus Jakmania

Lihat Video: Ketua Jakmania Tegaskan Tak Pernah Arahkan Suporter Berkerumun

[Gambas:Video 20detik]