Pengurus Tegaskan Tak Pernah Mengarahkan Jakmania Berkerumun di HI

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 28 Apr 2021 12:21 WIB
Jakarta -

Perwakilan pengurus Jakmania telah menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya terkait kerumunan suporter di Bundaran HI, Jakarta Pusat. Pengurus Jakmania dimintai keterangan soal hal apa saja yang dilakukan untuk mencegah kerumunan.

"Nanya aja kemarin apa yang dilakukan pengurus pusat. Ya disampaikan bahwa dilakukan pengurus pusat, memang untuk wajib nonton di rumah. Itu pun diikuti Korwil dan Biro di luar Jakarta bahwa kita memang harus nontonnya di rumah, bukan berkerumun," kata Ketua 1 Jakmania, Adit, di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (28/4/2021).

Dalam pemeriksaan tersebut, Jakmania melampirkan sejumlah bukti kepada polisi hari ini. Bukti-bukti itu salah satunya berupa imbauan bagi para Jakmania untuk tidak berkerumun.

"Screenshot di social media bahwa kita untuk nyuruh teman-teman semua di rumah aja. Nggak boleh berkerumun dan nonton di rumah aja. Kami meminta maaf kalau ada keresahan di dalam masyarakat Jakarta," sebutnya.

Selain menyampaikan permohonan maaf, dia menegaskan pihaknya tidak pernah menyarankan Jakmania berkerumun di Bundaran HI pekan lalu.

"Sekali lagi, kami tegaskan kami tidak pernah untuk mengarahkan kerumunan baik di Bundaran HI ataupun tempat-tempat lain di Jakarta," tegasnya.

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya hari ini mengagendakan pemeriksaan terhadap pengurus Jakmania dan manajemen Persija terkait kerumunan suporter di Bundaran HI, Jakpus. Presiden Persija Mohamad Prapanca memenuhi panggilan pemeriksaan, sedangkan Ketum Jakmania Diky Soemarno absen.

"Untuk pimpinan Jakmania tidak bisa hadir karena masih sakit," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Jakarta, Rabu (28/4/2021).

Sementara itu, Presiden Persija Mohamad Prapanca sudah tiba di Polda Metro Jaya. Saat ini Mohamad Prapanca masih dimintai keterangan.

"Presiden Persija jam 10.15 WIB sudah hadir di Krimum Polda untuk diambil keterangannya," kata Yusri.

Sedianya Ketum Jakmania Diky Soemarno memenuhi panggilan klarifikasi hari ini soal kerumunan suporter di Bundaran HI. Namun dia berhalangan hadir karena masih menjalani isolasi mandiri.

"Dear all My love. Terima kasih banyak atas segala doa, support dan ucapan pada kesehatan saya agar selalu membaik. Saat ini saya sudah melewati masa-masa gak asik covid, insyallah saya segera segar kembali, semangat lagi dan bergairah lagi. Terima kasih atas seluruh keluarga besar @infokomjakmania dan @persija atas segala dukungan yang tiada kira. Hari ini saya sudah melewati fase gak enak, dan saya yakin, Persija juga pasti bisa berjuang bahkan jauh lebih gila dari perjuangan saya melawan covid ini. Dan saya yakin, Macan akan kembali menggaum di negeri ini. Sejak malam ini lagi, dan selamanya. Jaya Raya Persija Selamanya. Yok Juara Yok! Nikmati pesta bola kita. Bawa santai aja. Nonton di rumah dan jangan lupa, Persija harus juara. Yok ah! Maaf utk semua sahabat yg gak bisa dibales satu persatu. 7 hari di ICU bikin kemeng juga shay 😔," demikian posting-an Diky di akun IG pribadinya 6 hari yang lalu.

(ygs/mea)