Round-Up

Terungkap Peran Pensiunan Dispar Jakarta di Kasus Mafia Karantina

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 29 Apr 2021 05:54 WIB
Penampakan kartu pas pensiunan Dinas Pariwisata DKI Jakarta tersangka mafia karantina. Foto dikirim Kasubdit Kamneg PMJ AKBP Raindra
Foto: Penampakan kartu pas pensiunan Dinas Pariwisata DKI Jakarta tersangka mafia karantina (Dok.istimewa)
Jakarta -

Polda Metro Jaya telah menetapkan 4 orang tersangka terkait lolosnya warga yang baru kembali dari India melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Dari total 4 tersangka itu, salah satunya adalah Sunarso alias S yang merupakan pensiunan Dinas Pariwisata DKI Jakarta.

Keempat tersangka yakni JD, S, RW dan GC. Sama halnya dengan tersangka S dan RW, GC juga berperan dalam membantu meloloskan tersangka JD masuk ke Indonesia tanpa prosedur karantina selama 14 hari.

Seperti diketahui, pemerintah memperketat pengamanan warga yang baru pulang dari India karena melonjaknya angka Covid-19 di sana. Ada beberapa tahapan yang harus lakukan oleh warga ketika datang dari India.

"Jadi di tahapan pertama pengecekan soal administrasi kesehatan, imigrasi. Kemudian ditentukan karantina kalau dia negatif atau nonreaktif kemudian menuju hotel yang telah ditentukan sesuai aturan Kemenkes. Masuk ke tahap kedua diantar ke hotel rujukan tersebut," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (28/4/2021).

Salah satu tersangka, Sunarso merupakan pensiunan Dinas Pariwisata DKI Jakarta. Tidak hanya itu, tersangka Raga Wicaksono yang juga anak dari Sunarso itu juga memegang kartu pas Bandara Soekarno-Hatta.

"Tahu seluk-beluk bandara bahkan bisa keluar. Kami masih dalami kartu pas-nya termasuk anaknya sendiri si RW sama bisa ada kartu pas keluar masuk bandara kita dalami," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Rabu (28/4/2021).

Berperan Menjemput

Sunarso menggunakan kartu pas Bandara Soekarno-Hatta itu untuk menjemput tersangka JD.

"Kita dalami semua termasuk adanya kartu pas yang memang saudara S yang mengatur mulai dari menjemput, ini memiliki kartu pas. Dia dulu mantan pegawai, pensiunan dari Pariwisata DKI, sudah pensiun," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (28/4/2021).

Halaman selanjutnya, tersangka Sunarso dibantu tersangka G

Simak Video: Polisi Ungkap Mafia Karantina Bandara Soetta Pensiunan Dispar DKI

[Gambas:Video 20detik]