ADVERTISEMENT

Round-Up

Fakta Baru Kewarganegaraan Orient Riwu Kore Diungkap Yasonna

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 18 Mar 2021 07:00 WIB
Bupati terpilih Sabu Raijua
Orient P Riwu Kore / Foto: Dok. Facebook
Jakarta -

Polemik status kewarganegaraan Bupati Sabu Raijua terpilih, Orient P Riwu Kore, belum juga usai. Kini, fakta baru terungkap tentang Orient yang sempat menjadi warga negara Amerika Serikat.

Seperti diketahui, skandal kewarganegaraan Orient Riwu Kore baru diketahui setelah dia memperoleh suara terbanyak dan dinyatakan menang Pilkada Sabu Raijua. Dampaknya, pelantikan Bupati Sabu Raijua kini masih ditunda.

Hal ini tak hanya dibahas oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melainkan juga Kementerian Hukum dan HAM. Tak hanya itu masalah ini juga bergulir di persidangan Mahkamah Konstitusi.

Masalah ini dibahas pula di Senayan. Salah satu topik rapat antara Komisi III DPR dan Menkum HAM Yasonna Laoly pada Rabu (17/3/2021) adalah mengenai kewarganegaraan Orient Riwu Kore.

Rapat Komisi III DPR dan Menkum HAM Yasonna Laoly pada Rabu (17/3/2021)Rapat Komisi III DPR dan Menkum HAM Yasonna Laoly pada Rabu (17/3/2021) Foto: Rahel Narda Chaterine/detikcom

Dalam penjelasannya, Yasonna mengungkap beberapa fakta soal kewarganegaraan Orient Riwu Kore. Berikut di antaranya:

Paspor AS Berlaku hingga 2027

Orient Riwu Kore diketahui memiliki paspor Amerika Serikat dan paspor Indonesia. Sebelum maju menjadi calon bupati Sabu Raijua, dia pernah lama bekerja di Amerika Serikat.

"Dari Direktorat Jenderal Kependudukan, diperoleh informasi bahwa saudara Orient masih tercatat sebagai WNI dengan KTP dan kami menanyakan langsung melalui sambungan telepon melalui Dirjen AHU benar bahwa dia memiliki paspor Amerika bahkan juga memiliki paspor Indonesia," kata Yasonna.

"Diketahui, paspor Amerikanya itu akan berakhir 2027, paspor Indonessinya akan berakhir April 2024," sambungnya.

Ada pula fakta lain soal latar belakang keluarga Orient Riwu Kore. Itu mempengaruhi prosesnya mendapat kewarganegaraan Amerika Serikat.

Selengkapnya di halaman berikutnya.

Simak video 'Bupati Terpilih Sabu Raijua Buka Suara soal Status WN AS':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT