Round-Up

Horor 6 Penambang Emas Ilegal di Sulteng Tewas Gegara Longsor

Muhammad Taufiqqurahman, Hermawan Mappiwali - detikNews
Jumat, 26 Feb 2021 05:13 WIB
Jakarta -

Area tambang emas ilegal di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah (Sulteng) longsor. Data terbaru, enam orang tewas dalam peristiwa tersebut

"Jumlah penambang saat terjadi longsor adalah 23 orang. Yang selamat 16 orang, meninggal dunia 6 orang dan masih dalam pencarian 1 orang," kata Kepala Seksi Operasi SAR di Parigi Muotong, Sultan, saat dimintai konfirmasi wartawan, Kamis (25/2/2021).

Peristiwa longsor yang menimpa area tambang emas ilegal itu tepatnya terjadi di Dusun Sina'a, Desa Buranga, wilayah Kecamatan Ampibabo, Kabupaten Parigi Moutong, Sulteng. Longsor terjadi pada Rabu (23/2) lalu sekitar pukul 18.00 Wita.

Tim gabungan terus berupaya mencari dan mengevakuasi korban-korban lain. Pada tahap awal pencarian, aparat belum mendapatkan data pasti soal jumlah warga yang menambang emas ilegal di lokasi tersebut.

Pencarian terus dilakukan karena di lokasi tersebut tidak menutup kemungkinan masih ada korban lain yang tidak sempat terdata, mengingat tambang emas ini berstatus ilegal.

"Sekarang pihak Kepolian dan teman-teman instansi lain seperti Basarnas, Tagana, BPBD Kota dan Provinsi, dan TNI, masih melakukan upaya pencarian terhadap korban," kata Kabid Humas Polda Sulteng Kombes Didik Supratno kepada detikcom, Kamis (25/2/2021).

Lokasi longsor tersebut berada di wilayah terpencil. Tim gabungan juga menerjunkan dua ekskavator dan mesin penyedot air atau lumpur ke lokasi untuk memudahkan proses pencarian korban.

Aparat sudah beberapa kali mengimbau masyarakat untuk tidak melanjutkan aktivitas tambang atas alasan keamanan dan pencemaran lingkungan.

Tambang Emas Ilegal Longsor di Parigi MoutongTambang Emas Ilegal Longsor di Parigi Moutong Foto: 20Detik

Identitas Korban

Korban tewas akibat longsor tambang emas ilegal di Parigi Moutong, Sulteng, bertambah menjadi 6 orang. Satu korban lainnya hingga kini belum ditemukan.

Sultan mengatakan tambang emas ini berada di Desa Buranga, Kabupaten Parigi Muotong, Sulteng. Tambang ini tertutup akibat longsor yang terjadi saat warga melakukan aktivitas penambangan di sana.

"Korban yang meninggal dievakuasi di Puskesmas Amppibabo. Pencarian terhadap korban hingga sore ini dihentikan dan akan dilanjutkan esok hari," kata dia.

Siapa saja identitas korban? Dan apa dugaan penyebab terjadinya longsor? Simak halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2