detikcom Do Your Magic

Antisipasi Tawuran Manggarai Berulang, Polisi Rekam Sidik Jari Warga

Afzal Nur Iman - detikNews
Selasa, 19 Jan 2021 18:53 WIB
Perekaman sidik jari warga Manggarai yang terlibat tawuran. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Perekaman sidik jari warga Manggarai yang terlibat tawuran. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Jakarta -

Polres Metro Jakarta Selatan mengambil data sidik jari warga yang terlibat tawuran di Manggarai. Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan identifikasi jika tawuran terulang kembali.

"Sidik jari kita ambil ini untuk mengidentifikasi ke depannya apabila terjadi tawuran lagi. Teman-teman yang melakukan sidik jari ini bisa kita identifikasi dengan cepat. Apabila di lapangan kita temukan bukti-bukti bahwa teman-teman yang sidik jari ini melakukan perbuatan tawuran lagi," kata Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan AKBP Jimmy Christian Samma saat deklarasi damai di Sekretariat RW 04, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (19/1/2021).

Jika kejadian terulang, polisi akan langsung memproses dengan tindakan hukum. Tindakan hukum akan disesuaikan dengan unsur yang dilakukan orang tersebut.

"Bisa juga kita kenakan karantina kesehatan ketika unsur-unsurnya terpenuhi pasti kita kenakan. Termasuk provokasi dan sebagainya, tergantung konteksnya kejahatan apa yang mereka lakukan," lanjutnya.

Untuk mencegah tawuran berulang polisi bukan hanya mengambil sidik jari warga, polisi juga mengamankan data dan foto mereka. Polisi juga bekerja sama dengan tokoh masyarakat setempat untuk menggelorakan perdamaian di lingkungan tersebut.

Selanjutnya, puluhan orang diambil data sidik jarinya.

Selanjutnya
Halaman
1 2