detikcom Do Your Magic

Akhiri Tawuran Manggarai, 2 Kelompok Pemuda Deklarasi Perjanjian Damai

Afzal Nur Iman - detikNews
Selasa, 19 Jan 2021 17:42 WIB
Deklarasi Perjanjian Damai warga Manggarai, janji tidak tawuran lagi. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Deklarasi perjanjian damai warga Manggarai, janji tidak tawuran lagi. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Jakarta -

Kedua kelompok warga yang terlibat tawuran di Manggarai mendeklarasikan perjanjian damai. Deklarasi tersebut disaksikan warga, tokoh masyarakat, hingga kepolisian.

"Jadi kita di sini membuat deklarasi atau perjanjian damai antara masyarakat yang ada di bawah dan masyarakat yang ada di atas," kata Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan AKBP Jimmy Christian Samma saat deklarasi damai di Sekretariat RW 04, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (19/1/2021).

Selama ini, kelompok 'Manggarai atas' disebut sebagai geng Gemtas, yang lebih dekat ke arah Stasiun Manggarai. Mereka bermusuhan dengan kelompok 'Manggarai bawah', yang disebut sebagai geng Tuyul. Itu masa lalu. Kini tak ada lagi geng-gengan yang bermusuhan. Semuanya mengikrarkan diri bersatu dalam damai.

Tujuan dari deklarasi ini adalah mencegah tawuran terulang kembali. Pengurus RW 04 disebut sebagai inisiator dari kegiatan deklarasi tersebut.

"Kami bersama-sama dengan Pak RW, Pak Camat dengan teman-teman dari Koramil sangat menghargai program yang diinisiasi oleh Bapak RW untuk kita mengurai apa sebenarnya masalahnya. Kita tidak balik lagi masalah ke belakang, tapi kita ke depannya tidak boleh ada tawuran lagi, jadi itu tujuannya ada deklarasi ini," lanjutnya.

Deklarasi tersebut dilakukan oleh pihak yang terlibat tawuran antara warga RT 06, RT 07, RT 08, dan RT 15 dengan RT 09, RT, 10, RT 11, RT 13, dan RT 16. Bertindak sebagai saksi dalam perjanjian damai tersebut adalah tokoh masyarakat, pejabat pemerintah Kecamatan Tebet, dan pihak kepolisian.

Selanjutnya
Halaman
1 2